Sudut Pandang Samarinda
Local Experiences

4 Alasan Mengunjungi Wisata Sudut Pandang Samarinda

seolah memberi tontonan indah menyenangkan. Itulah salah satu alasan wisata Sudut Pandang Samar?nda banyak dikunjungi orang.

Sawah luas terhampar menjadi lambang ketenangan jiwa. Angin berhembus menggoyang tumbuhan, seolah memberi tontonan indah menyenangkan. Itulah salah satu alasan wisata Sudut Pandang Samarinda banyak dikunjungi orang. Lalu, adakah sebab lain mereka datang dan mencari kedamaian di sana?

Sudut Pandang sempat viral di media sosial menjadi destinasi wisata unik di Samarinda. Nuansa alami memang berhasil memikat banyak pengunjung lewat potret indah tiada dusta. Seketika datang, Kawanjo pasti mengiyakan, bahwa pesonanya memang tiada lawan.

Wisata Sudut Pandang Samarinda

Wisata Sudut Pandang Samarinda
Wisata Sudut Pandang Samarinda

Objek wisata Samarinda viral ini merupakan hasil inovasi dan kreativitas masyarakat sekitar. Menyediakan suasana alam yang masih otentik, terdapat pula daya tarik yang beragam. Bagi penyuka selfie dan pencari bahan konten, di sana pun ada banyak spot foto untuk media sosial. Penggemar kuliner juga tak perlu khawatir sebab ada cafe yang menyediakan makanan dan minuman segar. Siap menemani aktivitas di wisata Sudut Pandang Samarinda.

Baca Juga: Jadi Ibu Kota Baru, Ini 5 Kelebihan Kalimantan Timur

Sejarah Wisata Sudut Pandang

Sejarah Wisata Sudut Pandang, Wisata Sudut Pandang Samarinda
Sejarah Wisata Sudut Pandang

Ary Dirga, adalah orang yang mencetuskan Sudut Pandang untuk pertama kali. Berbekal kesukaannya pada view persawahan, dia mencoba mengembangkan objek wisata.

Memang sebelumnya sudah ada tempat rekreasi serupa yang lebih dulu tenar. Namanya Betapus. Dirga pun menggemari destinasi ikonik wisata Lampake ini. Namun atas pengamatannya, Betapus masih perlu dikelola lebih profesional. Hingga akhirnya dia membangun Sudut Pandang dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Dirga bekerja sama dengan masyarakat terutama kelompok petani. Jadi pengelola menyewa lahan milik petani, lalu memberikan sebagian keuntungan untuk memenuhi kebutuhan pertanian. Misalnya untuk membeli pupuk. Di sisi lain, masyarakat sekitar juga dilibatkan dalam mengelola kuliner, parkir, serta keamanan.

Dirga berharap, dengan adanya wisata view sawah miliknya bisa menjadi tujuan healing bagi masyarakat kota sibuk seperti Samarinda. Sekaligus bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Mewujudkan tempat wisata idamannya tidaklah berjalan mulus. Ide yang tercetus sejak tahun 2022 baru terwujud setahun kemudian. Hingga kini, dengan luas 1,2 hektar Sudut Pandang terus menerus dikunjungi wisatawan. Terutama bagi mereka yang membutuhkan ketenangan suasana dan kesegaran sekeliling.

Lokasi Wisata Sudut Pandang Samarinda 

Lokasi Wisata Sudut Pandang Samarinda, Wisata Sudut Pandang Samarinda
Lokasi Wisata Sudut Pandang Samarinda

Seolah menjadi oase penuh kesejukan, Sudut Pandang Sawah Samarinda berada di tengah hingar bingar perkotaan. Cocok sekali untuk menepi sejenak dari kesibukan yang seolah tiada henti di ibukota Kalimantan Timur.

Tepatnya berlokasi di Jalan Giri Rejo, Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda, Kalimantan Timur. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit dari pusat kota untuk sampai di Sudut Pandang.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Ibu Kota Baru yang Disebut ‘Nusantara’

Alasan Datang ke Wisata Sudut Pandang Samarinda

Alasan Datang ke Wisata Sudut Pandang, Wisata Sudut Pandang Samarinda
Alasan Datang ke Wisata Sudut Pandang Samarinda

View persawahan alami adalah daya tarik utama dari wisata Sudut Pandang Lempake Samarinda. Dengan didukung pengelolaan yang profesional dan efektif, ada beberapa  hal yang memperkuat alasan untuk bersantai di tempat ini. Diantaranya:

  1. Tiket MurahBagaimanapun juga, urusan dompet tetap menjadi perhitungan dalam menentukan tujuan healing. Sudut Pandang adalah pilihan tepat wisata murah di Kalimantan Timur. Cukup membayar Rp 10.000, pulang sudah bisa membawa kedamaian hati dan kegembiraan jiwa. Apalagi bagi masyarakat yang berdomisili di Lempake sesuai KTP-nya. Mereka diharuskan hanya membayar Rp 5000.
  2. Spot InstagenicSelain datang untuk menikmati pemandangan, sebagian besar pengunjung menggunakan kesempatan berada di Sudut Pandang Lempake guna hunting foto. Banyak sudut yang bisa dibingkai dalam kenangan indah. Sekaligus untuk mengolah ketrampilan serta kejelian dalam mencari objek foto yang paling menarik. Termasuk ornamen seperti sepeda antik yang seolah mampu meyakinkan keberadaan suasana tenang dan damai.
  3. Piknik AsyikTak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada. Meski tergolong wisata ekonomis, Sudut Pandang memiliki fasilitas lengkap. Seperti toilet, gazebo, dan kursi lipat. Di gazebo, pengunjung bisa dengan tenang mengedarkan pandangan ke berbagai sudut. Tunggulah saat sunset, waktu terbaik menikmati keelokan langit yang berbatasan dengan sawah yang menghijau.
  4. Kuliner MurahPaling enak bila bersantai sambil menyantap makanan. Di Sudut Pandang pengunjung pun bisa merasakan kenikmatan tersendiri saat berekreasi. Sambil duduk sambil menyantap beragam makanan dan minuman yang dijual di warung-warung di dalam area tempat wisata. Harganya pun sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp 5000.

Manfaat Menikmati Alam Terbuka di Sudut Pandang

Manfaat Menikmati Alam Terbuka di Sudut Pandang, Wisata Sudut Pandang Samarinda
Manfaat Menikmati Alam Terbuka di Sudut Pandang

Sebagai tambahan, simak alasan mengapa harus memilih berwisata di alam terbuka seperti Sudut Pandang Samarinda ini. Yakni:

  1. Meningkatkan Kesehatan MentalMelihat pemandangan alam yang indah bisa memberikan manfaat besar untuk kesehatan mental. Pengalaman ini mampu meredakan stress, meningkatkan mood, dan mengobati jiwa yang lelah. Sudut pandang alam yang hijau juga bisa meningkatkan konsentrasi serta perasaan ketenangan dan relaksasi. Sehingga bisa membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi, serta mendukung kesejahteraan mental secara keseluruhan.
  2. Memantik KreativitasSamarinda memiliki jumlah penduduk terbesar se-Kalimantan. Apalagi kota ini mengunggulkan industri. Maka tak heran bila sebagian besar penduduknya adalah orang sibuk. Hingga akhirnya mereka bosan dan merasa kurang bertenaga dalam menciptakan kreasi baru. Nah, rekreasi memberikan kesempatan bagi pikiran untuk bersantai dan merenung. Lingkungan alam yang menenangkan dapat membuka ruang bagi pemikiran kreatif, menginspirasi ide-ide baru, dan meningkatkan daya imajinasi. Pemandangan alam yang beragam juga dapat memicu rasa keingintahuan dan eksplorasi, faktor penting dalam proses kreativitas.
  3. Sehat FisikTernyata memandang sawah yang terhampar seperti di Sudut Pandang Lempake Samarinda Kalimantan Timur juga bermanfaat untuk kesehatan fisik. Dengan menikmati keindahan alam, suasana hati akan membaik dan terjadi penurunan stres. Lebih dalam, hal ini mampu mengurangi tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Sehingga mampu memberikan kontribusi positif pada kesejahteraan fisik secara keseluruhan.

Jam Buka Wisata Sudut Pandang Samarinda

Tunggu apalagi, sudah banyak alasan mengapa harus mengunjungi wisata Sudut Pandang. Segera saja datang saat jam buka. Yaitu setiap hari hari mulai pukul 13.00 hingga 18.30 WITA. Ternyata wisata Sudut Pandang Samarinda Kalimantan Timur memang harus dikunjungi. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dalam sekali healing ke sini.

0 comments on “4 Alasan Mengunjungi Wisata Sudut Pandang Samarinda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.