Kerajinan Khas Sidoarjo
Local Experiences

5 Rekomendasi Kerajinan Khas Sidoarjo, Cocok untuk Oleh-oleh

Kerajinan khas Sidoarjo ini cocok sebagai buah tangan untuk orang - orang tersayang.

Seperti halnya kota lain di Nusantara, kota Sidoarjo juga memiliki produk spesial yang menjadi ciri daerah. Kerajinan khas Sidoarjo ini cocok sebagai buah tangan untuk orang – orang tersayang. Mulai dari kuliner hingga sektor fashion, hasil karya warga Sidoarjo siap berjaya dalam gerakan bangga buatan Indonesia. Tujuannya apa lagi kalau bukan untuk meningkatkan perekonomian bangsa.

Kerajinan khas Sidoarjo

Kerajinan khas Sidoarjo
Kerajinan khas Sidoarjo

Sektor industri kecil di Sidoarjo berkembang baik. Beragam inovasi kreatif meningkatkan kualitas dan kuantitas produk daerah. Sehingga kepamorannya tak hanya di dalam kota, namun seluruh Indonesia bahkan mancanegara. 

Baca Juga : Dapatkan Gratis Masuk ke Kraton Waterpark Krian, Asalkan

Berikut adalah kerajinan khas Sidoarjo yang menjadi unggulan. Sangat cocok sebagai buah tangan dan kenang-kenangan setelah berkunjung ke kota udang.

  1. Kerajinan kulit Tanggulangin
Kerajinan kulit Tanggulangin Khas Sidoarjo
Kerajinan kulit Tanggulangin Khas Sidoarjo

Wisata belanja paling tepat dilakukan untuk berburu aneka produk kerajinan kulit di Tanggulangin Sidoarjo. Sebab sentra industri di Jalan Kludan Raya Tanggulangin ini menawarkan berbagai macam barang yang berbahan kulit. Tak hanya menjadi show room, di sini juga merupakan pusat produksi seperti tas, dompet, koper,

sandal, sepatu, dan lain-lain. Kualitas dari kerajinan kulit Tanggulangin sudah terjamin keaslian dan keunggulannya. Jadi, sempatkan membeli salah satu produknya sebelum pulang ke rumah.

  1. Sandal dan Sepatu Wedoro
Sandal dan Sepatu Wedoro Khas Sidoarjo
Sandal dan Sepatu Wedoro Khas Sidoarjo

Wedoro adalah nama daerah di Sidoarjo yang memproduksi alas kaki sejak tahun 1955. Sepatu yang dibuat di sini ada berbagai model. Mulai dari yang eksklusif untuk kerja kantoran dan sekolah hingga sepatu santai. Sandal pun juga begitu. Ada banyak varian yang bisa dipilih.

Sandal Wedoro banyak disukai karena bahannya yang nyaman saat dipakai. Yaitu dari spon eva, plastik, dan kanvas. Daerah yang berjarak hanya 5 km dari Terminal Bungurasih ini pun menjadi sentra produksi dan penjualan berbagai model alas kaki. Sehingga pengunjung bebas memilih model sesuai selera. Bila ingin membeli dalam jumlah banyak, misalnya untuk dijual kembali, harga yang diberikan jauh lebih murah. Rata-rata harganya adalah Rp 120.000 hingga Rp 500.000 untuk 1 kodi atau 20 pasang sandal.

Baca Juga : Kulineran Enak di Kediri Jawa Timur Si Kota Tahu

  1. Kerajinan Anyaman Bambu
Kerajinan Anyaman Bambu Khas Sidoarjo
Kerajinan Anyaman Bambu Khas Sidoarjo

Giliran wilayah Balongbendo, Sidoarjo yang menjadi tujuan wisata belanja kerajinan khas Sidoarjo yang tahan lama. Tepatnya di Desa Saketi, membuat kerajinan anyaman bambu telah menjadi sumber penghasilan warganya. Mereka mempelajari teknik menganyam secara turun temurun.

Walhasil, kualitas dan kerapian anyaman sangatlah bagus. Banyak peminat kerajinan anyaman berbentuk tampah, bakul nasi, piring, dan lainnya. Bahkan peminat datang dari kota lain seperti Lumajang, Lamongan, Pacitan, dan Trenggalek. Jangan sampai melewatkan karya warga Sidoarjo ini, supaya bisa membantu perputaran perekonomian masyarakat setempat.

  1. Batik Jetis Sidoarjo
Batik Jetis khas Sidoarjo
Batik Jetis khas Sidoarjo

Kali ini kunjungan tiba di Jetis, Sidoarjo, untuk berburu kerajinan khas Sidoarjo Jawa Timur selanjutnya yaitu batik. Ya, kota udang ini memiliki batik dengan motif khusus daerahnya. Sedangkan, Batik Tulis Jetis adalah hasil cipta karya budaya yang masih dikembangkan di Dusun Jetis dan Pekauman, Kelurahan Lemahputro, Sidoarjo.

Batik Jetis telah ada sejak tahun 1675. Hingga kini ciri khas warna merah coklat kehitaman masih dipertahankan seiring dengan berkembangnya motif batik kontemporer lainnya yang berwarna lebih cerah. Namun, mau itu batik tulis tradisional maupun  kontemporer, batik milik Sidoarjo masih menggunakan motif khasnya. Yaitu motif Burung Merak yang melambangkan pandangan hidup tentang kemana jiwa manusia sesudah mati, motif Beras Wutah yang melambangkan Kabupaten Sidoarjo sebagai salah satu penghasil beras terbesar, motif Kembang Tebu melambangkan Kabupaten Sidoarjo dulu memiliki ratusan hektar perkebunan tebu, motif Kembang Bayem melambangkan banyaknya tumbuhan bayam di Sidoarjo, motif Sekar Jagad bermakna kecantikan dan keindahan yang mempesona.

Batik Jetis dijual masih dalam berupa kain maupun yang sudah dijahit menjadi baju kekinian. Harganya berkisar antara Rp 150.000 hingga jutaan. Pelanggan batik di desa Jetis berasal dari masyarakat lokal dan warga luar kota. Seperti Jakarta hingga ada yang dari Negara China, Jepang dan Korea.

Baca Juga : List Wisata Wonosalam Jombang, No 4 Seperti ke Dunia Lain!

  1. Produk kuliner
Produk kuliner Khas Sidoarjo
Produk kuliner Khas Sidoarjo

Sebagai kota yang terkenal dengan udangnya, Sidoarjo pun memiliki beragam produk hasil olahan udang. Mulai dari kerupuk hingga petis udang merupakan hasil kerajinan tangan masyarakat Sidoarjo. Cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Selain itu, ada ote-ote Porong, bakwan sayur dengan beragam tambahan isi seperti daging sapi, jamur tiram, rumput laut, atau udang. Ukurannya besar sehingga satu bisa untuk dimakan 2-3 orang. Ada juga bandeng asap khas Sidoarjo yang memiliki rasa unik dan menarik. Sayang untuk dilewatkan.

Kurang afdhol memang rasanya bila berwisata atau mampir ke kota Sidoarjo tanpa membeli barang yang khas dari sini. Mengingat kota udang ini memiliki deretan UMKM dan sentra produksi yang banyak, pantas bila berlimpah pula ragam kerajinan khas Sidoarjo. Sangat menarik guna dijadikan buah tangan untuk orang tersayang yang setia menunggu kedatangan kita.

0 comments on “5 Rekomendasi Kerajinan Khas Sidoarjo, Cocok untuk Oleh-oleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.