titik pijat supaya tidak mabuk perjalanan
Health

5 Titik Pijat Biar Gak Mabuk Perjalanan

Butuh cara agar tetap nyaman dalam kendaraan. Salah satunya menekan titik pijat supaya tidak mabuk perjalanan.

Sekejap akan berkurang kenyamanan bila rasa mual datang. Kepala mulai pening dan titik-titik keringat bermunculan. Mabuk perjalanan memang terasa menyebalkan. Namun hal ini bagi sebagian orang tak bisa dengan mudah dihentikan. Butuh cara agar tetap nyaman dalam kendaraan. Salah satunya menekan titik pijat biar gak mabuk perjalanan.

Penyebab Mabuk Perjalanan

Penyebab Mabuk Perjalanan
Penyebab Mabuk Perjalanan

Mabuk kendaraan bisa dialami oleh siapapun yang sedang mengendarai kendaraan. Baik itu mobil, bus, kereta api, kapal laut, maupun pesawat. Hal yang tidak mengenakkan bukan hanya untuk yang mengalami ini juga membuat penumpang lain kurang nyaman.

Faktor penyebab mabuk kendaraan terjadi pada seseorang adalah kondisi vestibular. Yakni bagian telinga dalam dan otak yang memproses informasi sensorik, yang terlibat dalam pengendalian keseimbangan dan gerakan mata. Jika vestibular seseorang sensitif, dia akan mudah mabuk kendaraan.

Ketika seseorang berada di dalam kendaraan yang bergerak, ada perbedaan antara gerakan yang dilihat oleh mata dan yang dirasakan oleh telinga dalam. Ini dapat menyebabkan konflik sensorik yang menyebabkan mabuk kendaraan. Fokus penglihatan yang terus-menerus berubah saat berada di dalam kendaraan yang bergerak dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mabuk kendaraan.

Selain itu perjalanan di jalan yang berkelok-kelok juga dapat meningkatkan risiko mabuk kendaraan karena gerakan yang tidak stabil. Konsumsi makanan berat atau berlemak sebelum perjalanan pun dapat meningkatkan risiko mabuk kendaraan.

Faktor kelelahan atau kurang tidur sebelum perjalanan juga dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap mabuk kendaraan. Termasuk stres atau kecemasan sebelum atau selama perjalanan juga dapat meningkatkan risiko mabuk kendaraan.

Baca juga: 2 Manfaat Kombucha untuk Kesehatan Usus Saat Ramadhan

Gejala Mabuk Kendaraan

Gejala mabuk kendaraan bisa bervariasi antar individu, tetapi beberapa gejala umum yang sering dialami termasuk nausea atau mual. Sensasi tidak nyaman di perut yang dapat berkisar dari ringan hingga parah, sering disertai dengan keinginan untuk muntah. Bahkan Beberapa orang mungkin mengalami muntah sebagai respons terhadap sensasi mual yang kuat.

Terutama ketika berdiri dan bergerak mereka akan merasa pusing atau tidak seimbang, berkeringat lebih dari biasanya, terutama di telapak tangan dan dahi. Wajahnya tampak pucat atau terlihat kurang berwarna dari biasanya. Merasakan kelelahan yang tidak biasa, meskipun setelah istirahat yang cukup. Detak jantung pun terasa berdetak lebih cepat dari biasanya, terutama saat mengalami kecemasan atau stres karena gejala mabuk kendaraan.

Jika Kawanjo mengalami gejala mabuk kendaraan di atas, segeralah mengambil tindakan, seperti berhenti sejenak untuk beristirahat atau yang lainnya. Apabila gejalanya parah atau berkelanjutan, konsultasikan dengan dokter untuk saran dan perawatan lebih lanjut.

Cara Mengatasi Mabuk Kendaraan

Cara Mengatasi Mabuk Kendaraan
Cara Mengatasi Mabuk Kendaraan

Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk membantu mengurangi atau mencegah mabuk kendaraan. Diantaranya:

  1. Posisi duduk agar tidak mabuk perjalananDuduklah di bagian tengah kendaraan, di mana getaran dan gerakan kurang terasa. Atau duduk di kursi depan kendaraan, terutama di sebelah pengemudi, supaya bisa memberikan pandangan yang lebih baik dan kontrol lebih besar terhadap gerakan kendaraan.

    Hindari duduk menghadap belakang kendaraan, karena hal ini memperkuat konflik sensorik antara gerakan yang dirasakan oleh tubuh dan yang dilihat oleh mata. Jangan lupa duduk dengan posisi tegak dan bahu yang rileks. Kawanjo juga bisa menggunakan bantal atau penyangga leher yang bisa membantu menjaga kepala dan leher dalam posisi yang nyaman dan stabil.

  2. Letakkan gawaiMembaca atau menggunakan perangkat elektronik saat dalam perjalanan dapat meningkatkan resiko mabuk perjalanan. Lebih baik fokus pada titik tetap di luar jendela atau istirahat dengan mata tertutup.
  3. Atur makananHindari makanan yang berat atau berlemak sebelum perjalanan, karena makanan berat dapat meningkatkan risiko mabuk kendaraan. Terkadang makan atau minum sesuatu yang ringan, seperti snack, crackers atau air, dapat membantu meredakan sensasi mual.

    Namun perlu diperhatikan, hindari makanan berlemak, pedas, dengan aroma kuat, bersoda, mengandung kafein, tinggi MSG, dan rasa yang terlalu asam. Supaya mengurangi risiko mual yang dapat memperburuk gejala mabuk kendaraan selama perjalanan. Pilih camilan ringan, rendah lemak, rendah gas, dan tidak memiliki aroma atau rasa kuat sebagai alternatif yang lebih baik.

  4. Beristirahat dan Bernapas Dalam-DalamBerhenti sejenak di tengah perjalanan. Keluarkan udara secara perlahan melalui mulut dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Teknik pernapasan ini bisa membantu menenangkan sistem saraf dan meredakan sensasi mual. Setelahnya Kawanjo bisa berjalan-jalan sebentar dengan rileks. Sehingga bisa mengurangi kelelahan dan mencegah mabuk kendaraan.
  5. Pertimbangkan terapi akupresur dan obat anti mabukCobalah merangsang titik-titik pijat di tangan untuk meredakan mabuk kendaraan. Namun jika Kawanjo merasa sangat terganggu dengan gejala mabuk kendaraan yang muncul, pertimbangkan untuk menggunakan obat anti mabuk perjalanan.

Baca Juga : 4 Resep Bumbu Dasar Indonesia, Masak di Rumah Jadi Mudah!

Titik Pijat Biar Gak Mabuk Perjalanan

Titik Pijat Supaya Tidak Mabuk Perjalanan
Titik Pijat Supaya Tidak Mabuk Perjalanan

Sekali lagi, sebelum mempertimbangkan tindakan medis, jangan lupa mencoba salah satu cara mengatasi mabuk kendaraan tanpa obat. Yaitu dengan menerapkan teknik akupresur, memijat titik-titik yang dianggap mampu mengurangi mabuk kendaraan:

  1. Neiguan (P6)Titik ini terletak di bagian dalam pergelangan tangan, sekitar tiga jari di bawah lipatan pergelangan tangan. Tekan titik ini dengan lembut menggunakan jari tengah atau ibu jari selama beberapa menit.
  2. Jianshi (LI5)Titik ini terletak di bagian luar pergelangan tangan, diantara ibu jari dan jari telunjuk. Gunakan jari tengah atau ibu jari untuk memberikan tekanan pada titik ini selama beberapa menit.
  3. Hegu (LI4)Titik ini terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk pada bagian belakang tangan. Tekan titik ini dengan lembut menggunakan jari tengah atau ibu jari selama beberapa menit.
  4. ShenmenTitik ini terletak di bagian tengah daun telinga. Tekan titik ini dengan lembut menggunakan jari telunjuk dan ibu jari selama beberapa menit.
  5. Zusanli (ST36)Titik ini terletak di bagian luar kaki, sekitar empat jari di bawah rotula dan satu jari di luar tulang kering. Tekan titik ini dengan lembut menggunakan jari telunjuk atau ibu jari.

Ingatlah bahwa respons terhadap terapi akupresur dapat bervariasi pada masing masing individu. Jadi cobalah bereksperimen dengan berbagai titik pijat supaya tidak mabuk perjalanan untuk menemukan yang paling cocok dan efektif. Bye, mabuk kendaraan yang menyebalkan!

0 comments on “5 Titik Pijat Biar Gak Mabuk Perjalanan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.