Kerajinan Khas Cirebon
Local Experiences

6 Kerajinan Khas Cirebon yang Memikat Hati

Kuliner khas Cirebon juga terkenal, sebagaimana destinasi wisatanya. Tak ketinggalan, kerajinan khas Cirebon juga memikat hati.

Cirebon adalah sebuah kota yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa, Indonesia. Kota ini dikenal sebagai pusat budaya dan sejarah yang kaya, dengan pengaruh dari berbagai kebudayaan seperti Jawa, Sunda, Tionghoa, dan Arab. Kuliner khas Cirebon juga terkenal, sebagaimana destinasi wisatanya. Tak ketinggalan, kerajinan khas Cirebon juga memikat hati. Cocok untuk penggemar kreativitas lokal maupun mereka yang mencari buah tangan untuk dibagikan.

Kota Udang dan Kota Petis merupakan julukan yang disematkan pada Cirebon. Hal ini menyiratkan bahwa kuliner Cirebon berkembang pesat. Mulai dari makanan dan minuman tradisional hingga produk kekinian. Di sisi lain, daerah ini juga disebut Kota Wali. Bukan tanpa sebab, Cirebon memiliki peran penting dalam sejarah perdagangan dan penyebaran agama Islam di Indonesia. Sedikit banyak, kebudayaan Islam mempengaruhi kreativitas yang lahir dari penduduknya.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Empal Gentong Legendaris di Cirebon

Kerajinan Khas Cirebon

Kerajinan Khas Cirebon
Kerajinan Khas Cirebon

Bukan hanya itu. Cirebon merupakan kota yang kaya akan pengaruh budaya dari berbagai etnis, seperti Jawa, Sunda, Tionghoa, Arab, dan India. Salah satu hasil kreatif penduduknya adalah Batik Megamendung yang motifnya terinspirasi dari seni dekoratif Tionghoa, terutama dalam penggunaan warna-warna cerah dan pola awan.

Letak Cirebon yang berada di pesisir utara Pulau Jawa, menghasilkan seni dan kerajinan lokal. Seperti penggunaan kerang laut dalam berbagai kerajinan. Selain kaya akan produk pesisirnya, Cirebon juga memiliki potensi alam agraris. Salah satu produk unggulnya adalah rotan. Tak heran bila kota ini juga terkenal dengan berbagai produk yang terbuat dari rotan.

Ini dia hasil kerajinan masyarakat, yang bisa jadi oleh-oleh khas Cirebon yang tahan lama:

  1. Topeng
    Kerajinan Khas Cirebon Topeng
    Kerajinan Khas Cirebon Topeng

    Terkait dengan nilai kebudayaan dan sejarah, topeng melekat erat dengan Kota Cirebon. Topeng Cirebon juga biasanya digunakan untuk kesenian tari topeng di Cirebon. Kerajinan khas ini terbuat dari kayu lunak yang dibentuk sedemikian rupa, kemudian dicat. Karakter yang dihasilkan disesuaikan dengan tokoh pewayangan.

  2. Batik
    Kerajinan Khas Cirebon Batik
    Kerajinan Khas Cirebon Batik

    Cirebon juga memiliki batik khas. Yang membedakan terutama adalah motif Mega Mendung. Berbentuk awan bergumpal-gumpal yang biasanya membingkai gambar utama. Motif ini merupakan ciptaan pangeran Cakrabuana dan menjadi terkenal. Meski sebenarnya ada banyak motif lain.

  3. Kerajinan RotanSebagai hasil bumi Kota Cirebon, rotan menjadi komoditas yang diolah dengan kreatif. Jadilah berbagai bentuk yang menarik untuk dimiliki. Kerajinan rotan Cirebon membawa kesan artistik, unik, tapi tidak meninggalkan fungsionalnya. Bahkan sekarang para pengrajin juga mengkombinasikan dengan bahan lain seperti enceng gondok dan serat pisang. Sehingga terlihat semakin bagus dan nilai ekonomisnya semakin tinggi.
  4. Relief Logam
    Kerajinan Khas Cirebon Relief Logam
    Kerajinan Khas Cirebon Relief Logam

    Jika sedang mencari ide untuk mengubah suasana ruangan di rumah, Kawanjo bisa mencari hiasan dinding yang satu ini. Kesan lux akan terasa menghiasi ruangan. Relief yang terbuat dari logam kemudian diberi pigura adalah hasil karya para seniman Cirebon. Baik itu menampakkan bentuk pemandangan, bangunan megah, maupun seni kaligrafi Arab.

  5. Lukisan KacaLukisan di atas kanvas itu sudah biasa. Jika Kawanjo ingin sesuatu yang baru, cobalah membeli salah satu hasil kreasi seniman Cirebon. Sama dengan relief logam, lukisan kaca juga berfungsi dekoratif. Menghiasi ruangan dan memberi vibes mewah tapi tetap nyaman. Dengan teknik tinggi, warna-warni cat membentuk gambar menakjubkan di atas media yang istimewa.
  6. Kerajinan KerangSebagai daerah pesisir, pastilah sumber daya kulit kerang ada banyak di Kota Cirebon. Hebatnya, penduduk dengan kreatif mampu mengolah kulit kerang menjadi produk yang bernilai ekonomi lebih tinggi. Jadilah lampu dan hiasan lainnya yang menarik hati banyak peminat bahkan sampai harus diekspor ke luar negeri. Menarik, kan?

Baca Juga: Cirebon Rasa Bali, Cobain Wisata Kampung Sabin!

Kerajinan khas Cirebon ternyata tak kalah dengan produk kulinernya. Kawanjo tak lagi kebingungan jika hendak mencari oleh-oleh selain makanan. Apalagi produk kreativitas masyarakat Kota Udang bernilai seni tinggi. Sangat cocok untuk buah tangan dan menambah koleksi pajangan.

0 comments on “6 Kerajinan Khas Cirebon yang Memikat Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.