empal gentong,
Local Experiences

5 Tempat Makan Empal Gentong Legendaris di Cirebon

Sebagai pelancong sejati, Kawanjo pasti selalu merasa penasaran dengan kelezatan makanan Empal Gentong Legendaris di Cirebon.

Sebagai pelancong sejati, Kawanjo pasti selalu merasa penasaran dengan kelezatan berbagai makanan dari tiap daerah. Misalnya saja, Empal Gentong Legendaris di Cirebon.

Kali ini kita berbincang tentang Cirebon, kota yang kaya akan budaya dan sejarah. Ternyata dunia kulinernya pun tak boleh dilewatkan. Ada Empal Gentong legendaris di sana, yang mampu menggoyang lidah. Menikmati di kota asalnya pasti lebih mengasyikkan. Sebab ada banyak tempat makan yang menyediakan, bahkan salah satunya jadi langganan petinggi negara.

Resep Empal Gentong Legendaris di Cirebon yang Empuk
Empal Gentong Khas Cirebon.

Empal Gentong Legendaris di Cirebon

Empal Gentong adalah hidangan berkuah mirip gulai. Di dalamnya terdapat potongan daging sapi yang lembut serta beberapa bagian lainnya seperti jeroan. Kuahnya yang gurih dan kaya rempah mampu membuat ketagihan, apalagi kalau dimakan dengan nasi hangat atau lontong.

Dinamakan demikian karena memasaknya di dalam gentong atau kuali dari tanah liat. Alih-alih menggunakan api kompor, memasak empal gentong menggunakan kayu bakar. Saat disajikan, makanan khas Cirebon ini disajikan menggunakan daun kucai dan sambal.

Baca juga: Traveling ke Cirebon, 5 Kuliner Ini Jangan Sampai Terlewat

empal gentong,
Empal Gentong khas Cirebon.

Sejarah Empal Gentong khas Cirebon 

Dari tradisi lisan dan cerita rakyat, Empal Gentong diperkirakan muncul pertama kali pada abad ke-15. Kuliner legendaris Cirebon Jawa Barat ini bisa jadi berasal dari daerah yang menjadi titik penyebaran agama Islam oleh Sunan Gunung Jati. Hal ini dapat diambil kesimpulan dari fakta bahwa dulunya Empal gentong hanya menggunakan daging kerbau, bukan daging sapi, dikarenakan masyarakat Cirebon mayoritas memeluk agama Hindu dan memuliakan hewan sapi.

Di sisi lain, melihat Cirebon adalah daerah pesisir tempat berlabuhnya kapal dari berbagai negara, terjadilah asimilasi budaya di sini. Hal tersebut mempengaruhi dunia kuliner termasuk Empal Gentong. Kemiripannya dengan gulai, membuat masakan ini diduga terpengaruh budaya Arab dan India.  Penggunaan rempah yang beragam mirip dengan cara masyarakat Cina. Sedangkan penggunaan jeroan merupakan pengaruh dari tradisi Tionghoa. Bisa dikatakan, dalam satu porsi sajian empal gentong terkandung nilai toleransi antar budaya dan tradisi yang berkembang di Kota Udang Cirebon.

Baca juga: 3 Produk Cokelat Lokal Paling Berkualitas

empal gentong,
Empal Gentong khas Cirebon.

Resep Empal Gentong Legendaris di Cirebon yang Empuk

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat makan Empal Gentong yang salah satunya pernah dikunjungi presiden. Yaitu:

  1. Empal Gentong Mang Darma

    Empal Gentong Mang Darma
    Empal Gentong Mang Darma

    Disebut sebagai pelopor penjual Empal Gentong, Mang Darma mulai berjualan sejak tahun 1947 dengan cara berkeliling. Baru pada tahun 1980, Mang Darma akhirnya memiliki rumah makan Empal Gentong legendaris di Cirebon. Kemudian usaha kuliner ini diteruskan dari generasi ke generasi. Lokasinya berada di Jalan Pangeran Diponegoro No 23 dan Jalan Inspeksi No 7 Depan Stasiun Kejaksaan.

    Buka mulai pukul 07.30 sampai dengan 21.00 setiap harinya, restoran ini juga menyediakan makanan khas Cirebon selain empal gentong, yakni empal asem, tahu gejrot, nasi lengko, sop iga, sate, dan makanan lainnya. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara telah kepincut bumbu Empal Gentong dan menu lain yang bumbunya mampu menggoyang lidah.

  2. Empal Gentong Hj. Dian

    Empal Gentong Hj. Dian
    Empal Gentong Hj. Dian

    Tempat makan Empal Gentong legendaris Cirebon selanjutnya adalah Empal Gentong Hj. Dian. Lokasinya berada di Jalan Raya Ir. H. Juanda Nomor 84 Tengah Tani, Cirebon. Dengan tagline “Cirebon Kota Empal Gentong”, rumah makan ini berbeda dengan tempat lain, yakni memiliki spot lesehan. Sehingga pengunjung bisa menikmati pesanannya dengan lebih santai dan nyaman. Selain itu, rumah makan Empal Gentong Hj. Dian juga sudah memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

    Dengan jaminan rasa yang lebih lezat karena bumbunya yang meresap, Empal Gentong di sini jadi favorit banyak wisatawan yang nge-trip ke Cirebon. Maka tak salah bila di sini juga menyediakan oleh-oleh khas Cirebon. Selain itu juga ada menu lain seperti empal asem, sate kambing muda, sate sapi, nasi lengko, dan tahu gejrot.

    Jangan khawatir kehabisan. Sebab restoran Empal Gentong Cirebon Hj. Dian buka mulai pukul 08.00 hingga 22.00 setiap harinya.

  3. Empal Gentong Krucuk

    Empal Gentong Krucuk
    Empal Gentong Krucuk

    Empal gentong legendaris di Cirebon juga bisa dinikmati di tempat ini. Cabangnya ada dua, tinggal pilih mana rumah makan empal gentong terdekat.  Empal Gentong Krucuk 1 berada di Jalan Slamet Riyadi, Kesenden, Kota Cirebon. Sedangkan Empal Gentong Krucuk 2 berada di Ir. H Juanda, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon.

    Nikmatnya empal gentong khas Cirebon di tempat ini bisa dirasakan setiap hari mulai pukul 06.30 WIB – 21.30 WIB. Cita rasanya tak kalah lezatnya dengan lainnya. Disajikan dengan kuah kuning beserta taburan bawang merah dan kucai, rasanya sungguh sedap.

  4. Empal Gentong Dengkil Sapi Mang Kojek

    Empal Gentong Dengkil Sapi Mang Kojek
    Empal Gentong Dengkil Sapi Mang Kojek

    Beda lagi dengan tempat makan Empal Gentong legendaris Cirebon Mang Kojek. Di sini bisa dijumpai keunikan yang membuat kesempatan bersantap jadi semakin mengesankan. Selain rasa Empal Gentong yang smoky, sedap dengan bumbu gurih dan daging yang empuk, pengunjung juga dibebaskan mengambil nasi sepuasnya.

    Sementara itu, isian yang digunakan adalah jeroan, babat, dan daging sapi. Nah yang menarik, terdapat pula dengkil atau lutut sapi juga sumsum tulang yang besar dan menggiurkan. Jika ingin mencoba menu lain pun tak masalah. Sebab ada beberapa makanan yang juga ditawarkan. Seperti berbagai olahan sapi, antara lain tongseng, sop iga,  sate, dan lainnya.

    Empal Gentong Dengkil Sapi Mang Kojek terletak di Jalan Raya Fatahillah, Plered, Weru Kidul, Cirebon. Setiap hari buka pada pukul 09.00 dan tutup pada pukul 21.00.

  5. Empal Gentong H. Apud

    Empal Gentong H. Apud
    Empal Gentong H. Apud

    Memiliki banyak cabang, rumah makan H. Apud memang terkenal menyajikan Empal Gentong yang gurih kuahnya dan empuk dagingnya. Pantas bila pelanggannya banyak hingga sampai dari luar kota. Bahkan, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan presiden Joko Widodo pernah mampir di sini.

    Bila ingin menikmati racikan resep Empal Gentong H. Apud bisa datang di salah satu cabangnya, yaitu satu restoran pusat di Jalan Ir H Juanda atau Battembat di Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, dan dua cabang di Jalan Tuparev serta Kompleks Pasar Batik Trusmi Plered, Cirebon.

    Jangan khawatir masalah perbedaan rasa, sebab meski berbeda tempat, ada quality check di dapur untuk mempertahankan kualitas Empal Gentong yang disajikan. Bahkan, ada terobosan yang dibuat oleh Haji Apud, yakni Empal Gentong instan yang bisa mempermudah pelanggannya bila ingin memasak di rumah.

Baca juga: Cirebon Rasa Bali, Cobain Wisata Kampung Sabin!

Tempat makan Empal Gentong legendaris di Cirebon ada banyak. Mengingat masakan ini sudah jadi ciri khas daerah. Menjelajahi keunikan rasa satu persatu pasti akan mencetak pengalaman yang mengesankan. Apalagi jika ikut makan di tempat yang pernah disinggahi presiden. Bangga, dong!

1 comment on “5 Tempat Makan Empal Gentong Legendaris di Cirebon

  1. Fajar Ridwan

    Waduh artikelnya bikin lapar nih haha. Selama ini belum pernah mencoba empal gentong yang langsung di tempat asalnya, Jadi makin penasaran nih terlebih empal gentong yang sudah ada dari tahun 1980, pasti rasanya authentic banget. dari artikel ini jadinya tau sih mana aja kuliner empal gentong yang worth to try biar kalau nanti ke Cirebon, udah gaperlu nyari nyari lagi deh yang mana yang recommend. Nanti pulang dari Cirebon bisa juga kali ya beli yang instan buat dibawa pulang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.