Pantai Tak Berombak
Local Experiences

Anti Bosan, Ngabuburit di Pantai Tak Berombak Maros

Pantai Tak Berombak Maros memang spot yang pas untuk menunggu buka puasa. Cobain yuk!

Bukan maksud membuat patah hati para surfer yang selalu merindu ombak. Namun tempat wisata satu ini memang memiliki air berlimpah tanpa adanya ombak. Objek wisata Pantai Tak Berombak (PTB) memang bukanlah pantai sebenarnya yang menghubungkan daratan dengan sebuah lautan. 

Lokasi Pantai Tak Berombak Maros

Lokasi Pantai Tak Berombak Maros
Lokasi Pantai Tak Berombak Maros.

Pantai Tak Berombak Maros adalah sebuah kolam buatan yang luas di tengah pusat kota Maros. Tepatnya di Jalan Gladiol, Lingkungan Kassi Lama, Kelurahan Pettuadae, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Persis di sebelah kantor Pemerintah Kabupaten Maros.

Sebagai tempat wisata di Maros yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten, PTB berfungsi sebagai Smart Culiner. Sebuah ikon kota yang ramai pengunjung, terutama saat bulan Ramadhan. Banyak orang yang ngabuburit sambil nongkrong di tempat ini.

Baca Juga : Dreamland Pantai Uluwatu Bali, Tanah Impian Wisatawan dan Warga Sekitar

Jam Buka Pantai Tak Berombak Maros

Pantai Tak Berombak Maros
Jam Buka Pantai Tak Berombak Maros.

Waktu ngabuburit di Pantai Tak Berombak Maros jadi makin seru. Banyak orang yang beraktivitas asyik di sini. Memang waktu yang pas untuk menikmati pesona tempat wisata di Maros ini adalah sore hari. Pemandangan malam harinya pun eksotik dengan lampu-lampu hias yang cantik. 

Karena jam bukanya memang sore hingga malam hari, pukul 16.00 sampai dengan 00.00 WITA, Pastika. Kawanjo tidak salah jadwal, ya!

Sejarah Pantai Tak Berombak Maros

Pantai Tak Berombak Maros
Sejarah Pantai Tak Berombak Maros.

Pantai Tak Berombak adalah hasil ide kreatif bupati Maros, M. Hatta Rahman pada tahun 2012. Saat itu, banyak sekali pedagang kaki lima  yang mangkal diPasar Tua Maros atau Pasar Sentral Maros. Mereka memadati pinggiran Jalan Trans Sulawesi, sehingga sering menyebabkan kemacetan.

Akhirnya mereka dibuatkan tempat untuk berkumpul namun tetap bisa menjajakan dagangannya. Tak tanggung-tanggung, wilayah tersebut dipoles sebagai tujuan wisata kuliner yang bisa menarik kunjungan. Dengan menggandeng PLN untuk menyediakan lampu hias, daerah Pantai Tak Berombak jadi indah untuk dinikmati. PLN juga menyediakan internet bagi pengunjung yang bernama comnetz atau community of netizen. Jadi ada akses berselancar gratis di area ini. Terakhir, PLN juga menyediakan kompor listrik untuk para pedagang. Supaya lebih hemat dan bebas polusi.

Di kawasan kuliner Pantai Tak Berombak juga sudah menggunakan aplikasi pembayaran digital Link Aja, buah dari kerjasama dengan BRI. Maka, Pantai Tak Berombak yang diresmikan pada tahun 2019 ini pun layak dibilang sebagai Smart Culiner. Memberikan fasilitas canggih untuk masyarakat, yaitu para pengunjung maupun pedagang. Nongkrong di sini jadi merasa lebih keren dan kekinian. Cocok sekali buat generasi zineal yang hendak ngabuburit dengan kegiatan anti sia- sia.

Baca Juga : 3 Hari Wisata Pantai Kelumbayan Gigi Hiu Lampung

Daya Tarik Pantai Tak Berombak 

Pantai Tak Berombak Maros
Daya Tarik Pantai Tak Berombak

Jangan dulu menyesal karena gagal ngabuburit di laut. Pantai Tak Berombak memiliki cara untuk menyenangkan pengunjungnya. Tentunya dengan daya tarik khasnya. Dijamin puas bisa menunggu waktu berbuka atau menikmati suasana malam di Pantai Tak Berombak Maros ini.

  1. Lokasinya strategis

Berada di pusat kota dan bersebelahan dengan kantor Pemerintah Kabupaten Maros, lokasi Pantai Tak Berombak mudah ditemukan. Ikon kota Maros ini pun memiliki akses yang mudah karena terletak di pinggir jalan nasional, yaitu Jalan Raya Trans Sulawesi. Jaraknya pun hanya 15 km dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Bagi Kawanjo yang hendak sholat Maghrib atau tarawih tak perlu jauh-jauh. Ada Masjid Al Markaz Maros di depan kawasan Pantai Tak Berombak Maros ini.

  1. Pusat kuliner 

Berburu makanan dan minuman untuk berbuka atau untuk ngemil setelah tarawih memang mengasyikkan. Pantai Tak Berombak memberikan keseruan tersebut. Sebab di sini banyak sekali pedagang makanan yang bisa dipilih. Mulai dari takjil hingga makanan berat. Mulai dari masakan khas Bugis-Makassar hingga dari daerah lain seperti Jawa, Sunda, dan Padang.

  1. Fasilitas lengkap

Sebagai tempat rekreasi, Pantai Tak Berombak juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung kenyamanan pengunjung. Kawanjo bisa duduk-duduk di taman yang ada. Atau mau sedikit menggerakkan badan, bisa tuh jogging atau jalan kaki. 

Gazebo yang disediakan juga cocok untuk bersantai sambil menunggu adzan Maghrib. Atau menikmati langit malam penuh bintang dan lampu hias yang menyala indah. Bila Kawanjo terpaksa harus menyelesaikan pekerjaan, Pantai Tak Berombak menunjang hal ini. Tak perlu stress, ada stasiun penyedia listrik umum supaya kapasitas baterai laptop atau ponsel tetap aman. Jangan lupa gunakan pula akses internet gratis sehingga berselancar makin mudah dan hemat di kantong. 

Baca Juga : 5 Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara yang Bikin Terpana

Tak ketinggalan, anak-anak juga akan merasakan keseruan di sini dengan wahana bermain. Para penggemar foto juga, pasti punya banyak ide untuk memotret momen atau pose diri sendiri dan orang lain.

Pantai Tak Berombak adalah ikon Kota Maros yang bisa dikunjungi untuk ngabuburit asyik di bulan suci Ramadhan. Selain wisata tipis-tipis di area danau tanpa ombak, Kawanjo juga bisa berburu takjil dan kuliner khas lainnya. 

0 comments on “Anti Bosan, Ngabuburit di Pantai Tak Berombak Maros

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.