Bagaimana Pantai Nunggalan Bali Bisa Menenangkan Diri Anda? 
Local Experiences

Bagaimana Pantai Nunggalan Bali Bisa Menenangkan Diri Anda? 

Seperti Pantai Kuta, Uluwatu, atau Jimbaran. Di antara pantai-pantai yang selalu ramai pengunjung itu, ada satu yang terkesan tenang. Hidden gem -nya Bali, namanya Pantai Nunggalan Bali. 

Pulau Dewata memiliki pantai-pantai yang elok nan rupawan. Beberapa pantai bahkan menjadi primadona para wisatawan. Seperti Pantai Kuta, Uluwatu, atau Jimbaran. Di antara pantai-pantai yang selalu ramai pengunjung itu, ada satu yang terkesan tenang. Hidden gem –nya Bali, namanya Pantai Nunggalan Bali.

Tak semua orang suka keramaian. Tak setiap saat pula hiruk pikuk bisa membuat nyaman. Ada waktu yang mengharuskan ambil jeda, menepi dari keriuhan dan kesibukan. Kala liburan datang, sebagian besar orang memilih untuk mencari tempat-tempat yang tenang. Misalnya ke pantai guna bersantai sambil menatap lautan.

Pantai Nunggalan Bali yang Tenang dan Damai
Pantai Nunggalan Bali yang Tenang dan Damai

Pulau Bali memiliki satu spot yang jauh dari hiruk pikuk sehari-hari. Namanya Pantai Nunggalan, surga tersembunyi di balik tebing karang yang tinggi. Sepi, belum banyak orang yang memadati. Cocok untuk sejenak berhenti, memberi kesempatan menepi.

Bukan berarti sepanjang waktu hanya duduk diam, suasana damai yang membuat hati tenang. Kawanjo juga bisa melakukan aktivitas lain yang membuat hati senang. Tentunya tanpa gangguan hingar bingar keramaian.

Baca juga: Bali Jadi Destinasi Honeymoon Terbaik Dunia Versi TripAdvisor

Lokasi Pantai Nunggalan Bali

Lokasi Pantai Nunggalan
Lokasi Pantai Nunggalan

Pantai Nunggalan berada di pesisir Bali Selatan. Tepatnya di Desa Pecatu, Uluwatu, pesisir Bali Selatan. Sekitar 3 kilometer dari Pura Luhur Uluwatu yang memakan waktu hanya 8 menit berkendara. Sedangkan dari Bandara Ngurah Rai berjarak 23 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam.

Letaknya yang tersembunyi membuat akses sampai di spot ini cukup menantang. Turun dari kendaraan tak bisa langsung tiba di pantai. Kawanjo harus memarkir kendaraan di Villa Plenilunio. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni bukit batu. Ada batu-batu yang dicat warna-warni sebagai tanda menuju pantai.

Pastikan Kawanjo memakai alas kaki yang memadai sebab kondisi bukitnya yang curam dan berkarang. Beruntung rerumputan yang tumbuh sangatlah rimbun sehingga mampu menghiasi permukaan tebing dan membuat mata jadi segar.

Baca juga: Kalahkan Maldives, Bali Jadi Pulau Terbaik Asia 2024!

Pantai Nunggalan yang Tenang dan Damai

Lelah dan waspada yang hadir setelah trekking melintasi tebing, akan terbayar lunas. Seketika menginjakkan kaki ke pantai, akan tampak pemandangan mengagumkan.

Pantai sering dianggap sebagai tempat yang menenangkan karena suara ombak, angin laut yang sejuk, dan pemandangan alam yang indah. Ini dapat membantu meredakan stres dan memberikan kesempatan untuk bersantai dan merilekskan pikiran dari keriuhan sehari-hari.

Selanjutnya, berikut ini adalah alasan mengapa Pantai Nunggalan harus dituju saat ingin menenangkan diri:

  1. Tempatnya tersembunyiPantai Nunggalan terletak di balik tebing dan untuk sampai butuh perjuangan. Karena inilah tak banyak orang yang datang. Sehingga ada di sini seperti sedang berada di private beach. Jauh dari keramaian. Kawanjo bisa puas menepi.
  2. Debur ombakPantai Nunggalan memiliki ombak yang relatif tenang, bukan yang memacu adrenalin untuk ditaklukkan. Sebaliknya, suara deburan ombak yang bersusulan terdengar kalem. Menghasilkan bunyi yang repetitif dan terus-menerus. Ini dapat menyebabkan efek meditatif pada pikiran, mirip dengan meditasi atau latihan pernapasan yang fokus pada satu hal. Ketika Kawanjo mendengarkan irama deburan ombak di Pantai Nunggalan, pikiran cenderung terfokus pada suara itu sendiri. Mengalihkan perhatian dari pikiran-pikiran buruk atau kacau. Hal ini bisa membantu menenangkan pikiran dan mengurangi kecemasan.
  3. Pemandangan yang indahPantai Nunggalan menawarkan pemandangan laut yang indah. Pasir putih bersih terhampar luas, langit biru, dan pasir putih yang luas, yang dapat memberikan perasaan keindahan alam yang menenangkan.Ditambah dengan paparan sinar matahari di pantai ini, dapat meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh, yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres. Belum lagi angin laut yang berhembus sepoi-sepoi, menjadikan suasana semakin nyaman untuk bersantai dan memunculkan rasa senang.
  4. Aroma LautAroma lautan memiliki kekhasan tersendiri. Aroma ini mampu memberikan efek relaksasi pada manusia. Saat terhirup akan merangsang sistem limbik dalam otak yang mengontrol emosi. Proses ini kemudian bisa menimbulkan rasa tenang dan damai, serta mengurangi tingkat stres dan kegelisahan. Apalagi Pantai Nunggalan yang belum ramai dikunjungi, memberikan lingkungan bersih, bebas bau sampah.
  5. Berjalan di Atas PasirLingkungan Pantai yang bersih juga cocok untuk digunakan sebagai media berjalan tanpa alas kaki. Tak ada salahnya untuk berjalan menapaki pasir putih Pantai Nunggalan. Aktivitas sederhana dan mudah dilakukan ini menjadi aktivitas fisik yang menyehatkan. Sehingga dapat meningkatkan aliran darah, merilekskan otot-otot, dan memicu pelepasan endorfin yang dapat meningkatkan mood. Seraya mengedarkan pandangan, energi alam akan membuat pikiran semakin tenang.
  6. Spot Foto UnikSaatnya melakukan satu lagi hal yang menyenangkan. Yakni berpose di spot foto anti mainstream alias unik yang ada di salah satu pantai di Pecatu Bali ini. Ada bangkai kapal karam dengan lukisan mural yang menghiasi. Nampak estetik, indah dipandang mata. Memunculkan rasa kagum dan emosi positif lainnya.

Berkunjung ke Pantai Nunggalan tak ada ruginya. Apalagi bila sedang butuh ketenangan dan kedamaian maksimal. Berbagai faktor membuatnya jadi hidden gem yang harus didatangi agar pikiran tak lagi ruwet dan emosi kacau balau.

0 comments on “Bagaimana Pantai Nunggalan Bali Bisa Menenangkan Diri Anda? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.