Cara Menghilangkan Pestisida Pada Sayuran
Health

Mudah, Cara Menghilangkan Pestisida pada Sayuran dengan 5 Bahan Ini!

Adalah wajib untuk memberi perlakuan khusus pada bahan masakan yang hendak diolah. Cara Menghilangkan pestisida pada sayuran dan buah-buahan menjadi keharusan untuk menjaga kesehatan keluarga.

Adalah wajib untuk memberi perlakuan khusus pada bahan masakan yang hendak diolah. Cara Menghilangkan pestisida pada sayuran dan buah-buahan menjadi keharusan untuk menjaga kesehatan keluarga. Ada beberapa cara sederhana tapi jitu yang bisa dilakukan.

Pestisida dalam dunia pertanian modern memang bermanfaat. Bahan kimia ini digunakan untuk membasmi, mengendalikan, menolak, hama atau organisme pengganggu. Seperti gulma, serangga, tikus, burung, mamalia, ikan, atau mikroba yang dianggap mengganggu. Petani berharap tanamannya terlindung dari pengganggu sehingga membuat hasil panennya mencapai jumlah maksimal.

Di sisi lain, sayuran atau buah yang dipanen mau tidak mau, mengandung pestisida. Jika tidak ditangani dengan tepat, residu bahan kimia bisa jadi masuk ke tubuh seiring proses mengkonsumsinya. Apalagi jika dikonsumsi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Tin Untuk Kecantikan, Ini Dia Cara Makannya!

Bahaya Residu Pestisida pada Sayuran dan Buah-buahan

Bahaya Residu Pestisida pada Sayuran dan Buah-buahan
Bahaya Residu Pestisida pada Sayuran dan Buah-buahan

Bagaimanapun, penggunaan pestisida kimiawi yang berlebihan dapat mencemari air, tanah, dan udara. Sehingga bisa merusak lingkungan dan mengganggu ekosistem alami. Ujung-ujungnya juga bisa membahayakan keanekaragaman hayati.

Selain pada alam, efek buruk pestisida juga bisa mengancam bahaya bagi kesehatan. Residu pestisida pada sayuran dan buah-buahan bisa memiliki beberapa bahaya potensial bagi kesehatan manusia:

  1. Resiko KesehatanPaparan jangka panjang terhadap residu pestisida dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit. Seperti kanker, gangguan hormonal, kerusakan saraf, dan gangguan perkembangan pada anak-anak.
  2. Efek AkutPaparan akut terhadap residu pestisida pada sayuran dan buah-buahan tertentu juga dapat menyebabkan efek samping seperti mual, muntah, sakit kepala, atau bahkan keracunan akut dalam kasus yang parah.
  3. Bahaya bagi Anak-anakAnak-anak cenderung lebih rentan terhadap efek residu pestisida karena sistem kekebalan tubuh dan organ mereka masih dalam tahap perkembangan.
  4. Gangguan HormonalBeberapa pestisida dapat meniru atau mengganggu hormon alami dalam tubuh manusia, menyebabkan gangguan hormonal yang dapat mempengaruhi reproduksi, perkembangan, dan fungsi tubuh lainnya.

Baca Juga: Si Manis Legit, Ini Manfaat Buah Nangka dan Bahayanya Jika Kebanyakan Makan Nangka

Cara Menghilangkan Pestisida Pada Sayuran

Cara Menghilangkan Pestisida Pada Sayuran
Cara Menghilangkan Pestisida Pada Sayuran

Melihat efek negatif jika residu pestisida masuk ke dalam tubuh manusia, penting untuk mencuci sayuran dan buah-buahan secara menyeluruh sebelum dikonsumsi. Sayangnya, jika mencuci sekedarnya tidak akan menghilangkan pestisida yang terlanjur menempel pada sayuran dan buah-buahan.

Menurut dr. Herlin Ramadhanti seorang real food enthusiast dan pendiri komunitas Ikarie Group, ada beberapa cara untuk mengurangi pestisida pada sayur dan buah. Tepatnya menggunakan bahan yang mudah didapatkan dan teknik yang tak sulit untuk dipraktekkan. Yaitu:

  1. Asam Jawa
    Cara Menghilangkan Pestisida Pada Sayuran Asam jawa
    Cara Menghilangkan Pestisida Pada Sayuran Asam jawa

    Siapkan asam jawa sebanyak 50 sampai 70 gram. Masukkan ke  1 liter air di dalam baskom. Rendam buah dan sayur selama 15 sampai 30 menit, kemudian bilas di air mengalir. Menurut penelitian asam jawa efektif menghilangkan 96% pestisida yang ada di sayuran dan buah-buahan.

  2. Cuka apelAmbil 1 sampai 2 SDM cuka apel lalu tambahkan pada 1 liter air bersih. Rendam buah dan sayur selama 15 sampai 30 menit. Setelahnya bilas pada di air yang mengalir.
  3. Larutan Eco enzimEco enzim adalah cairan yang dibuat dari fermentasi bahan-bahan organik seperti sisa-sisa sayuran dan buah-buahan, yang mengandung mikroorganisme dan enzim alami. Eco enzim juga bisa digunakan untuk menghilangkan pestisida pada sayuran yang akan diolah menjadi masakan. Caranya adalah campur 30 mili liter larutan eco enzim ditambah 1 liter air.  Rendam buah dan sayur selama 15 sampai 30 menit. Setelah itu bilas dengan air mengalir.
  4. Baking Soda
    Cara Menghilangkan Pestisida Pada Sayuran Baking Soda
    Cara Menghilangkan Pestisida Pada Sayuran Baking Soda

    Ambil 1 sampai 2 sendok makan baking soda dan campurkan dalam 5 liter air. Rendam sayuran atau buah selama 15 sampai 30 menit. Setelah itu bilas dengan air yang mengalir.

  5. Baking Soda dan TapiokaTambahkan baking soda 1 sampai 2 sendok makan dengan 1 sendok makan tepung tapioka. Campur pada 5 liter air. Rendam buah dan sayuran selama 15 sampai 30 menit kemudian bilas dengan air mengalir.

Selain lima bahan di atas, Kawanjo juga bisa menggunakan kunyit, garam, dan bahan alami lainnya. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kadar pestisida dalam sayuran atau buah-buahan yang akan dikonsumsi.

Jadi, sekarang mulailah proses memasak dengan menghilangkan pestisida pada sayuran dan buah-buahan. Sehingga tidak ada lagi racun yang masuk dan tubuh pun bisa tetap sehat. Konsumsi sayur-sayuran tanpa takut bahaya mengancam.

 

0 comments on “Mudah, Cara Menghilangkan Pestisida pada Sayuran dengan 5 Bahan Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.