Desa Wisata Nglanggeran Sabet Penghargaan Desa Wisata Terbaik Dunia dari UNWTO
PigiNews

Desa Wisata Nglanggeran Sabet Penghargaan Desa Wisata Terbaik Dunia dari UNWTO

Keren! UNWTO menobatkan Desa Wisata Nglanggeran sebagai desa wisata terbaik di dunia. Baca berita selengkapnya di sini!

Salah satu desa wisata di Indonesia berhasil menerima penghargaan sebagai Desa Wisata Terbaik di dunia dari UNWTO, desa berprestasi tersebut adalah Desa Wisata Nglanggeran yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta. Penghargaan yang diterima diserahkan langsung kepada Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam sebuah acara yang berlangsung di Kamboja.

Baca juga: Warung Mak Beng, Resto Legendaris Dunia Nomor 3 Versi TasteAtlas

Melalui akun twitter resminya, yaitu @sandiuno, Sandiaga Uno membuat sebuah cuitan pada Rabu, 15 Juni 2023 yang berbunyi, “Hari ini di Kamboja, saya merasa sangat bangga bisa mewakili Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta, yang menerima penghargaaan Desa Wisata Terbaik di Dunia oleh UNWTO (United Nations World Tourism Organization)”.

desa wisata nglanggeran, geopark global gunung sewu, gunung api purba, air terjun kedung kandang, embung nglanggeran,
Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta.

Sandiaga menyampaikan kebangaan serta apresiasinya atas pencapaian yang berhasil diraih oleh Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta. Ia menyakini bahwa melalui prestasi ini, percepatan kebangkitan ekonomi Indonesia dan target terbukanya 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024 dapat semakin mudah direalisasikan.

“Saya sangat optimis, ini akan menjadi inspirasi bagi 4.500 desa wisata lainnya di Indonesia untuk mengoptimalkan Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), dan warisan budaya yang kita miliki,” ungkap Sandiaga.

Sekilas tentang Desa Wisata Nglanggeran

Desa Wisata Nglanggeran merupakan desa wisata yang memiliki berbagai jenis aktivitas dan wisata yang menarik. Desa wisata yang berlokaso di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini memiliki wisata alam, situs geologi, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, edukasi, dan masih banyak lagi hal yang bisa dieksplor di sini.

Baca juga: Garuda Indonesia Kembali Raih Predikat Awak Kabin Terbaik Dunia 2023!

Salah satu primadona ekowisata yang dimiliki Desa Wisata Nglanggeran dan wajib sekali untuk dikunjungi adalah Gunung Api Purba. Gunung dengan struktur bebatuan yang besar ini merupakan ikon wisata dari Desa Nglanggeran yang telah diakui juga oleh dunia, yaitu oleh UNESCO, sebagai situs Geopark Global Gunung Sewu. Jika Kawanjo berkunjung ke sini dan menuju puncak gunung, kamu bisa camping dan trekking santai sambil menikmati pesona Gunungkidul dari ketinggian yang membuatnya seakan-akan merupakan sebuah negeri di atas awan.

desa wisata nglanggeran, geopark global gunung sewu, gunung api purba, air terjun kedung kandang, embung nglanggeran,
Gunung Api Purba, Nglanggeran, Yogyakarta.

Selain gunung, Desa Wisata Nglanggeran juga punya air terjun atau curug yang tidak boleh dilewatkan, yaitu air terjun Kedung Kandang. Yang menarik dari curug yang satu ini adalah susunan batuan vulkaniknya yang berundak dan posisinya yang berada di tengah-tengah terasering sawah.

desa wisata nglanggeran, geopark global gunung sewu, gunung api purba, air terjun kedung kandang, embung nglanggeran,
Air terjun Kedung Kandang, Nglanggeran, Yogyakarta.

Meski lekat dengan wisata alamnya, Desa Nglanggeran juga menyediakan tempat yang instagramable yakni Embung Nglanggeran. Embung Nglanggeran adalah waduk buatan yang berada di ketinggian 495 mdpl dan berlatar pemandangan desa dari ketinggian serta pepohonan hijau yang asri dan menyejukkan mata. Apalagi ketika memasuki senja, keindahan langit berwarna jingga yang dipantulkan di air waduk Embung Nglanggeran akan sangat memanjakan mata.

desa wisata nglanggeran, geopark global gunung sewu, gunung api purba, air terjun kedung kandang, embung nglanggeran,
Embung Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Selain keindahan wisata alam, Desa Wisata Nglanggeran juga punya spot yang instagrammable, yaitu Embun Nglanggeran. Tempat ini merupakan sebuah waduk buatan yang terletak di ketinggian 495 mdpl. Pada sore hari ketika matahari mulai turun, keindahan langit senja yang dipantulkan air waduk sangat memanjakan mata.

0 comments on “Desa Wisata Nglanggeran Sabet Penghargaan Desa Wisata Terbaik Dunia dari UNWTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.