Green Gumuk Candi Banyuwangi
Local Experiences

Green Gumuk Candi Banyuwangi, Bikin Wajah Nampak Muda dan Berseri-seri 

Baca sampai tuntas kenapa Green Gumuk Candi Banyuwangi bisa bikin wajah muda berseri-seri!

Sebagai salah satu daerah yang diunggulkan pariwisatanya, Banyuwangi terus menelurkan tempat menarik untuk dikunjungi. Dengan pesona alamnya yang menakjubkan, kota di selatan pulau Jawa ini kini memiliki Green Gumuk Candi Banyuwangi. Sebuah wisata yang menampilkan keindahan alam sebagai daya tarik utamanya. Cocok sekali untuk dikunjungi oleh kawanjo bersama keluarga atau sahabat dan handai taulan.

Green Gumuk Candi Banyuwangi disematkan pada lokasi ini, bukan tanpa alasan. Gumuk Candi berasal dari kepercayaan masyarakat. Bahwa konon ada gundukan batu di tempat tersebut, yang dulunya merupakan candi untuk tempat bersembahyang. Sayangnya banyak tangan tak bertanggung jawab yang merusak sehingga tersisalah tumpukan batu seperti bukit kecil/gumuk. Sedangkan kata green mengacu pada suasana hijau di sekelilingnya, yang berasal dari warna tumbuhan yang mendominasi destinasi wisata di Banyuwangi kekinian ini.

Baca Juga : Rekomendasi wisata di Banyuwangi

Potensi Wisata Green Gumuk Candi Banyuwangi

Potensi Wisata Green Gumuk Candi Banyuwangi
Potensi Wisata Green Gumuk Candi Banyuwangi

Di wilayah gunung Raung, wisata Green Gumuk Candi di Banyuwangi ini memiliki pemandangan yang menyejukkan mata. Meski tergolong tempat wisata baru, spot ini bak magnet. Menarik minat banyak orang yang ingin mengeksplorasi potensinya. Seperti diantaranya:

  1. Kolam renang

Sebagai daya tarik utama Green Gumuk Candi adalah sebuah kolam berbentuk lengkungan dengan air yang jernih. Terdapat air mancur kecil di tengahnya dan huruf besar berjajar bertuliskan ‘Green Gumuk Candi’. 

Berenang, bermain air, atau sekedar berendam menjadi mengasyikkan sebab bisa sambil mengedarkan pandangan ke arah view alam dan ornamen buatan yang estetik.

Green Gumuk Candi Banyuwangi
Green Gumuk Candi Banyuwangi
  1. Jalan asyik

Agar bisa sampai di lokasi kolam di puncak bukit, setelah memarkir kendaraan, Kawanjo harus berjalan mendaki bukit selama sekitar 15 menit. Ada papan yang tertera kalimat, ‘Nyampe puncak yakin anda akan terlihat 1 tahun lebih muda!’. Masuk akal juga, sebab sambil berekreasi, Kawanjo sekalian olahraga berjalan kaki. Sehingga tubuh jadi makin bugar dan nampak lebih muda berseri-seri.

Apalagi di kanan kiri jalan tersebut terdapat kebun kopi yang menghembuskan hawa sejuk. Seolah memberi semangat dan menghapus letih saat jalan menanjak. Jangan lupa pula untuk mengedarkan pandangan, menyerap kebahagiaan dari keindahan lukisan Tuhan di lokasi ini. Apalagi bila cuaca cerah, gunung Raung akan nampak gagah dari kejauhan.

Baca Juga : Mau ke Banyuwangi? Wajib ke 5 Destinasi Wisata Ini

  1. Gazebo dan rumah panggung 

Namun, meski jaraknya pendek, jalur menuju puncak bukit memiliki kemiringan yang tinggi. Sehingga cukup menguras tenaga sebenarnya. Maka, jika memang capek, tak perlu memaksakan diri. Ada beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat. Gazebo yang berjajar sampai di puncak menambah indahnya suasana. 

Tak hanya gazebo, di sini terdapat juga rumah pohon yang menarik. Lantai atasnya untuk puas selfi, sedangkan yang bawah berfungsi sebagai kafetaria. Di bawah pengunjung juga bisa istirahat,  nongkrong, sambil menyantap makanan. Ada meja kursi kecil yang memanfaatkan kayu penyangga rumah.

Sedangkan lantai atas dibiarkan terbuka untuk mudahnya berfoto dan menikmatinya keindahan sekitar. Lantai ini menyambung dengan sebuah jembatan yang melintas di atas kolam pemandian, sehingga bisa langsung menuju spot foto lainnya.

  1. Spot foto
rekomendasi spot foto wisata green gumuk candi
rekomendasi spot foto wisata green gumuk candi

Selain memanfaatkan alam sebagai background foto, di Green Gumuk Candi Banyuwangi bisa menggunakan beberapa spot foto. Seperti di gazebo, rumah pohon, dan kolam tentunya. Ada juga beberapa papan yang dipasang di atas pohon, telah menjadi spot favorit.

Pemasangan ornamen dari kayu dan bambu di wilayah bukit juga membuat kawasan ini nampak eksotik. Berpadu dengan tumbuhan-tumbuhan yang cantik, tak salah bila mengambil foto di sini sebanyak-banyaknya.

Tiket masuk Green Gumuk Candi

Yang juga menjadi daya tarik untuk banyak orang mengunjungi Green Gumuk Candi adalah tiketnya yang murah. Kawanjo cukup membayar Rp. 5000 per orang plus biaya parkir. Yaitu Rp.  2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil

Baca Juga : Berani Ngetrip ke Spot Horor di Banyuwangi Ini Nggak?

Lokasi Green Gumuk Candi

Lokasi Green Gumuk Candi
Lokasi Green Gumuk Candi Banyuwangi

Wisata Banyuwangi viral ini berada di Dusun Gumuk Candi RT03/RW04 Songgon, Gumuk Candi, Songgon, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk bisa sampai di Green Gumuk Candi dari pusat kota Banyuwangi carilah arah  ke Rogojampi. Setelah sampai di Kantor Telkom Rogojampi ada perempatan,belok 

ke kanan menuju ke Kecamatan Songgon sejauh 15 km.

Setelah sampai di Pasar Inpres Songgon di kanan jalan, kurang dari 100 meter setelah itu akan ada pertigaan lagi. Ambiylah arah ke kanan dan selanjutnya ikuti petunjuk jalan menuju Green Gumuk Candi sejauh 2,5 km sampai bertemu pintu gerbang. Perjalanan ini memakan waktu 30 menit saja.

Green Gumuk Candi Banyuwangi melengkapi sensasi wisata alam kawanjo di kota ujung pulau Jawa ini. Letaknya yang berada di kaki gunung Raung telah menjanjikan pemandangan indah. Apalagi dipadu dengan kreativitas pengelolanya, sehingga makin banyak yang datang ke sini. Berenang di kolam berlatar belakang pemandangan hijau nan menawan, piknik santai, dan tak lupa berolahraga di jalur pendakian supaya wajah lebih rupawan dan berseri-seri.

0 comments on “Green Gumuk Candi Banyuwangi, Bikin Wajah Nampak Muda dan Berseri-seri 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.