Rekomendasi Wisata Keren: Jatim Park 4 Batu Love Garden
Local Experiences

Rekomendasi Wisata Keren: Jatim Park 4 Batu Love Garden

Sedang merencanakan waktu refreshing ke Jawa Timur? Kota Batu pasti menjadi alternatif untuk berlibur. Di sana ada Jatim Park 4 Batu Love Garden atau Baloga yang masyhur.

Sedang merencanakan waktu refreshing ke Jawa Timur? Kota Batu pasti menjadi alternatif untuk berlibur. Di sana ada Jatim Park 4 Batu Love Garden atau Baloga yang masyhur. Sebuah wisata taman bunga dan sarana edukasi kekinian sebagai penghapus stress yang manjur.

Sebagaimana diketahui, Jatim Park adalah wahana wisata yang terkenal di Kota Malang dan sekitarnya. Sampai sekarang ada empat tempat yang masing-masing memiliki karakteristik berbeda. Sama-sama mengusung konsep rekreasi yang mengedukasi, keempatnya menjadi favorit para pelancong. Terutama saat liburan tiba.

Perbedaan Jatim Park 4

Perbedaan Jatim Park 4
Perbedaan Jatim Park 4

Menjadi wisata favorit di Kota Batu, jaringan Jatim Park mempersembahkan empat konsep yang berbeda. Jatim Park 1 yang terletak di Kecamatan Batu, menghadirkan konsep taman bermain yang berpadu dengan taman edukasi. Sama-sama di Kecamatan Batu, Jatim Park 2 mengusung konsep Batu Secret Zoo.  Pengunjung dapat melihat berbagai satwa dari dekat. Sedangkan Jatim Park 3 mengambil konsep Dino Park yang menyajikan berbagai wahana bertema hewan purba Dinosaurus. Letaknya di Kecamatan Junrejo. Terakhir adalah Jatim Park 4 yang berlokasi di Kecamatan Bumiaji, memberikan kesempatan pada pengunjung untuk menikmati taman bunga sekaligus sarana edukasi kekinian.

Baca juga: Paket Wisata Keluarga Jelajah Malang-Batu-Bromo 3D2N Bareng Pigijo

Lokasi Jatim Park 4 Batu Love Garden

Lokasi Jatim Park 4 Batu Love Garden
Lokasi Jatim Park 4 Batu Love Garden

Kota Batu memang gudangnya kebahagiaan. Ada banyak spot wisata yang bisa dikunjungi untuk bersenang-senang. Salah satunya adalah Jatim Park 4 Batu Love Garden atau Baloga. Alamat lengkapnya berada di Jalan Raya Pandanrejo Nomor 91, Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Salah satu keuntungan memilih Baloga Jatim Park 4 untuk dikunjungi adalah kemudahan aksesnya. Letaknya di pusat Kota Batu dan hanya butuh waktu 40 menit dari pusat Kota Malang dengan jarak 22 kilometer.

Jam Buka Jatim Park 4 Baloga

Jam Buka Jatim Park 4 Baloga
Jam Buka Jatim Park 4 Baloga

Jatim Park 4 Batu Love Garden buka setiap hari. Jam operasionalnya mulai dari pukul 08.30 hingga 16.30 WIB.

Tiket Masuk Jatim Park 4 Batu Love Garden

Untuk menikmati tempat wisata populer di Batu satu ini, butuh waktu yang tidak terlalu mahal. Harga tiket masuk Baloga terusan untuk weekdays adalah Rp 80.000 dan Rp 100.000 untuk weekend.

Baca juga: Cafe Viral di Batu Malang, yang Butuh Kehangatan bisa pilih nomor 4!

Daya Tarik Jatim Park 4 Batu Love Garden

Daya Tarik Jatim Park 4 Batu Love Garden
Daya Tarik Jatim Park 4 Batu Love Garden

Mengapa harus ke Jatim Park 4 Baloga? Inilah alasan kuat yang membuat Kawanjo tertarik mengunjungi spot wisata nan segar dan permai ini:

  1. Hawa SejukSo pasti kesejukan adalah daya tarik di setiap wisata alam di Kota Batu. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat udara sekitar menjadi sejuk dan mampu menenangkan pikiran. Apalagi Batu Love Garden mengusung konsep taman bunga, dimana banyaknya tumbuhan justru menjadi pemasok oksigen yang segar. Siap mengisi organ pernapasan dan menyertai  darah yang mengalir ke seluruh tubuh.
  2. Koleksi TanamanTempat wisata yang dibuka pertama kali pada tahun 2020 ini ternyata merupakan hasil kerjasama yang gemilang. Yakni antara pengelola Jatim Park Group (JTG) dengan pihak Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) khususnya Fakultas Pertanian dan Peternakan. Tujuannya adalah untuk pengembangan kawasan hijau yang berisi berbagai spesies tanaman sekaligus menjadi spot rekreasi dan edukasi.

    Sebagaimana diketahui, Jatim Park 4 memiliki lebih dari 600 varietas tanaman. Jumlah tersebut terdiri dari ragam bunga, tanaman buah, sayur, dan jenis lainnya. Kesemuanya ini dibagi dalam dua zona utama, yakni Garden Zone dan Flower Zone.

    Garden Zone mengajak pengunjung untuk menikmati berbagai tanaman. Ada Walang Green House, sebuah green house berbentuk belalang raksasa. Di dalamnya tersimpan berbagai jenis tumbuhan seperti  kaktus berukuran besar dan kantung semar. Kemudian ada berbagai tanaman hidroponik, aneka jamur, dan tanaman buah yang jarang ada seperti black sapote, araza, serta miracle fruit.

    Sedangkan Flower Zone memiliki zona bunga segar dengan berbagai jenis dan warna. Kemudian ada juga zona bunga kering yang dirangkai menjadi bentuk indah. Selanjutnya ada zona bunga artifisial yang menarik dan cocok dijadikan spot foto instagenic.

  3. Wahana SeruSebagai salah satu tempat wisata tematik di Jawa Timur, wahana di Baloga juga fokus menunjukkan keindahan flora fauna. Sekaligus tentunya, memberikan edukasi pada pengunjung tentang hal yang sama. Di wahana Anggrek Cafe, terdapat banyak jenis anggrek menawan, seperti anggrek bulan dan anggrek hartinah. Selain menikmati kecantikan anggrek, Kawanjo juga merupakan dapat memesan aneka kudapan yang tersedia di sana.

    Selanjutnya adalah Zona Akuaponik dan Hidroponik yang menampilkan berbagai tanaman sayuran dan buah yang diproses menggunakan teknik akuaponik juga akuakultur. Sedangkan di wahana Tropical Fruit Garden terdapat beragam buah tropis yang jarang ditemui, seperti araza, sapothecary hitam, dan buah ajaib.

    Kawanjo bisa belajar cara menanam dan mengenal berbagai jenis jamur di wahana All About Mushroom. Lalu  Bonsai Corner menampilkan beragam tanaman bonsai lucu dan unik dengan berbagai bentuk dan ukuran. Di Rose Garden, Kawanjo dapat bersantai dan menikmati keindahan taman yang dipenuhi mawar.

    Di Rumah Kupu-Kupu terdapat berbagai spesies kupu-kupu, seperti kupu-kupu gajah, kelabang, dan lainnya, yang dapat menjadi wisata edukasi untuk anak-anak. Wahana All About Orange menampilkan berbagai jenis jeruk dan cara budidayanya. Di sisi lain, wahana Aquascape menawarkan panorama tanaman, batu, dan kayu yang dihias di dalam akuarium.

    Seperti dijelaskan di awal, ada juga Green House Walang yang memiliki tanaman unik seperti berbagai kaktus dan kantong semar. Terakhir, ada Hamparan Bunga yakni sebuah taman yang dipenuhi dengan berbagai bunga warna-warni dengan  latar Gunung Arjuno Welirang. Jangan lupa pula menambah keseruan dengan bermain di playground yang menyediakan wahana permainan seperti Baloga skywheel, Flying dragon coaster, Classic car, Lebah terbang, Rainbow slide, Mini train, dan lain-lain.

    Tiket Masuk Jatim Park 4 Batu Love Garden
    Tiket Masuk Jatim Park 4 Batu Love Garden
  4. AtraksiJatim Park 4 secara rutin mengadakan Baloga Parade Bunga setiap akhir pekan, libur nasional, maupun high end session. Terbagi dalam dua sesi yakni pada pukul 11.00 dan 14.00 WIB, pawai ini diselenggarakan di kawasan Topiary Garden. Acara ini melibatkan 40 peserta dan menampilkan pawai yang terdiri dari mobil hias, penari, dan cosplay. Selain menonton, Kawanjo juga bisa berfoto di depan mobil hias atau bersama para penari yang berpartisipasi dalam parade tersebut.
  5. Sarana EdukasiDengan banyaknya jenis tanaman yang ada, tentunya Kawanjo jadi bertambah informasi. Tak hanya itu, Jatim Park 4 juga cocok untuk kunjungan sekolah, family gathering, corporate gathering, maupun acara rombongan lainnya. Sebab akan ada sesi khusus yang dipandu oleh petugas. Kawanjo akan semakin kaya pengetahuan dengan penjelasan tentang berbagai macam tanaman buah maupun artifisial. Kesempatan praktek pun datang ketika berada di area mini zoo, dimana Kawanjo bisa berinteraksi dengan berbagai hewan. Ada juga pengalaman bersawah atau mengenai benih tumbuhan.
  6. Spot FotoDengan banyaknya tanaman indah di dalam, nyaris di setiap sudut Jatim Park 4 Batu Love Garden bisa jadi tempat berfoto. Apalagi ada banyak ornamen selfie yang dibentuk dari tanaman. Seperti burung raksasa, bingkai love, maupun Monalisa. Puas deh hunting foto di sini! Bahkan Kawanjo bisa menyewa baju khas benua Eropa untuk memberi nilai plus dalam bingkai kenangan yang tercetak.

    Jatim Park 4 Batu Love Garden secara maksimal memberikan kebahagiaan untuk pengunjungnya. Mulai dari hawa yang sejuk hingga banyaknya spot foto dan kesempatan belajar tentang flora fauna. Segera masukkan tempat wisata tematik yang satu ini dalam bucket list liburan mendatang!

0 comments on “Rekomendasi Wisata Keren: Jatim Park 4 Batu Love Garden

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.