Island Hopping Belitung
Local Experiences

Tutup Tahun 2023 dengan Island Hopping di Belitung, Gembira Tak Terhitung!

Island Hopping di Belitung adalah cara terbaik untuk menikmati pesona negeri Laskar Pelangi yang ikonik. Tepat sekali bila Kawanjo menutup tahun ini dengan bersenang-senang di sini. 'Melompat' dari satu pulau ke pulau lain, island hopping Pulau Belitung memberikan kegembiraan yang tak terhitung!

Merasa butuh memberikan self reward karena telah melalui tahun 2023 dengan luar biasa? Cobalah melakukan island hopping untuk trip  ke Belitung. Suntikan semangat dan kebahagiaan, bisa jadi bekal baik untuk tahun baru yang menantang.

Island Hopping di Belitung

belitung, island hopping,
Pesona alam yang akan didapat saat island hopping di Belitung.

Telah lama tersohor, pesona Belitung memang tak terhitung. Alamnya yang serasi berpadu, pantai dengan pasir dan laut yang berwarna biru jernih. Karena secara geografis Negeri Laskar Pelangi ini dikelilingi pulau-pulau kecil lainnya, island hopping adalah cara tepat untuk berwisata dengan efektif.

Baca juga: Eksplor Belitung Cuma Sejuta, Yakin Mau Lewatkan Paketnya Begitu Saja?

Berikut daftar rekomendasi tujuan island hopping di Belitung yang bisa dilakukan:

  1. Pantai Tanjung Kelayang
    Pantai Tanjung Kelayang
    Pantai Tanjung Kelayang

    Awal dari petualangan island hopping di Belitung adalah Pantai Tanjung Kelayang. Spot wisata yang terkenal banget. Lokasinya berada di Kecamatan Sijuk, berjarak sekitar 27 kilometer dari ibu kota Kabupaten Belitung, Tanjung Pandan.

    Di pantai ini Kawanjo bisa menyaksikan puluhan batu granit raksasa. Bentuknya mirip dengan kepala burung garuda. Nikmati juga keelokan pantai pasir putih dan laut biru yang jernih. Hmmm… Awal yang indah bukankah membawa kebahagiaan berlimpah? Bahkan  sebelum berpindah ke tempat lain, Kawanjo bisa menyelam atau snorkeling di kawasan ini. Tenang saja, ada banyak jasa persewaan alat untuk beraktivitas di laut lepas.

    Seusai menikmati pesona Tanjung Kelayang, saatnya memulai perjalanan island hopping di Belitung! Di sini terdapat berbagai macam pilihan untuk aktivitas ‘lompat pulau’. Ada beberapa agen wisata yang menawarkan paket island hopping, Kawanjo bisa memilih salah satunya.

    Namun, bila ingin nge-trip secara mandiri, pun tak masalah. Kawanjo bisa mulai dengan menyewa kapal dengan harga sekitar Rp400.000. Untuk petualangan sejak berangkat hingga pulang tanpa harus berganti kendaraan. Selain itu, kru akan ikut dalam perjalanan. Mereka akan menjelaskan tentang pulau yang akan disinggahi serta menyampaikan kegiatan-kegiatan selama island hopping Belitung berlangsung.

  2. Pulau Lengkuas
    pulau lengkuas, belitung,
    Pulau Lengkuas, Belitung.

    Pulau Lengkuas terkenal dengan mercusuar ikoniknya, di mana Kawanjo dapat menikmati pemandangan laut yang indah dari ketinggian. Tentunya setelah melewati 18 lantai dengan 333 anak tangga. Bukan hanya itu, aktivitas snorkeling di sekitar pulau ini sangat populer.

    Airnya sangat jernih dengan kedalaman yang tak begitu besar alias dangkal. Sehingga bagi penyelam pemula bisa aman untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Lengkuas. Selanjutnya, selesai berbasah-basah, waktunya mencoba air kelapa khas Belitung yang dipercaya memiliki rasa lebih manis.

  3. Pulau Pasir Timbul
    belitung, pulau pasir, pulau pasir timbul, pasir timbul,
    Belitung terkenal dengan batuan besar-besar di beberapa pantainya. Namun, khusus di Pulau Pasir Timbul berbeda. Pantainya tak memiliki batuan besar, melainkan pulau pasir yang muncul saat air surut. Memberikan kesempatan untuk berjalan di tengah laut. Lokasi ini biasanya menjadi tempat piknik yang menyenangkan. Apalagi pasir putihnya halus dan lembut. Tak perlu khawatir terkena ombak besar, karena gerakan airnya nge-slow.
  4. Pulau Kelayang
    gua kelayang, belitung,
    Gua Kelayang, Belitung.

    Walau terasa sepi begitu menginjakkan kaki di pulau dengan nama lain Pulau Batu Garuda ini, ternyata ada banyak potensi di dalamnya. Pertama, Kawanjo bisa melihat bebatuan yang bentuknya seperti kepala burung. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju tempat nan eksotik bernama Gua Kelayang. Butuh waktu 5 menit untuk berjalan dan seketika terpesona begitu sampai. Gua ini terebntuk dari tumpukan batu granit sehingga tercipta ruang tertutup mirip gua. Cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah batuan yang menumpuk tidak rapat, membuat dalam gua masih nampak terang.Kawanjo bisa berenang di air laut biru nan jernih yang masuk ke dalam gua. Jangan lupa hunting foto di tempat instagenic Belitung yang satu ini. Ohya, tetap waspada setiap melangkahkan kaki karena bebatuan yang ada terasa licin.

  5. Pulau Batu Berlayar
    batu berlayar, belitung,
    Pulau Batu Berlayar, Belitung.

    Pulau kecil ini memiliki formasi batuan unik yang salah satunya menyerupai kapal berlayar. Batu-batu granit tersebut berukuran besar, berdiri menjulang di atas pasir putih yang lembut. Dikelilingi air laut yang biru dan tenang, menambah pesona pulau Batu Berlayar ini.

    Menyelam dan snorkeling di sekitar pulau ini memang akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Namun berjalan santai mengelilingi pulau juga tak kalah mengesankan. Memasuki celah-celah batu granit, mengamati bebatuan dari berbagai arah, hingga kemudian berfoto di sekitarnya.

Baca juga: 5 Pantai di Belitung, Indahnya tak Terhitung!

Island hopping di Belitung cocok dipilih untuk liburan akhir tahun. Seolah jadi hadiah tak terhitung, kebahagiaan yang didapat bisa bikin untung. Jadi modal menjalani hari-hari berikutnya di tahun yang baru.

0 comments on “Tutup Tahun 2023 dengan Island Hopping di Belitung, Gembira Tak Terhitung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.