kotabaru
Local Experiences

Keren! Wisata di Kotabaru Makin Terkenal dengan Festival Saijaan

Sehebat apa potensi wisata di Kotabaru, hingga Festival Saijaan disambangi Menparekraf? Simak yuk!

Indonesia memiliki keberagaman budaya di tiap daerahnya. Begitu pula di Kabupaten Kotabaru, provinsi Kalimantan Selatan. Terdapat bermacam seni budaya dan wisata di Kotabaru yang menarik dan patut untuk dijaga kelestariannya.

Guna menghargai sekaligus menjaga kelestarian budaya, Festival Saijaan digelar di Kotabaru. Mengambil dari semboyan kota yaitu ‘Saijaan’ yang bermakna semufakat, satu hati dan se-iya sekata, dalam festival ditampilkan mulai dari kreasi seni hingga pesona wisata di Kotabaru yang terkenal. 

Festival Saijaan sebenarnya telah rutin diadakan, namun sempat terhenti karena pandemi. Hingga pemerintah daerah setempat akhirnya bisa menyelenggarakan pada tanggal 1-5 Juni yang lalu. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkesempatan hadir, menyampaikan harapan pengembangan sektor budaya di Kotabaru Kalimantan Selatan.

Keren! Wisata di Kotabaru Makin Terkenal dengan Festival Saijaan

Di balik pelaksanaan Festival Saijaan tersebut, ada pesona wisata di Kotabaru yang menarik. Tak salah jika sampai ada acara penanda bahwa pariwisata di daerah ini wajib untuk dikunjungi.

Beberapa wisata di Kotabaru Kalimantan Selatan adalah

1. Pantai Siring laut

Keren! Wisata di Kotabaru Makin Terkenal dengan Festival Saijaan
Menara dua ikan tidak di Pantai Siring Laut

Pantai Siring laut adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Tak perlu bersusah payah, untuk bisa sampai di sana, cukup menyeberang dari Kantor Bupati Kotabaru, perkantoran pemerintahan Bumi Saijaan.

Baca juga: 5 Pantai di Belitung, Indahnya tak terhitung!

Belum-belum akan ada ikon wisata yang menyambut. Yaitu berupa menara dua ikan todak kembar yang menyemburkan air. Akan lebih indah, saat dua ikan todak ini menyala di malam hari. Pas sekali untuk mengambil foto di sana.

Di pantai, terdapat beberapa gazebo untuk duduk santai. Sambil mengedarkan pandangan, menikmati indahnya pesona laut Kotabaru. 

2. Pantai Gedambaan

Keren! Wisata di Kotabaru Makin Terkenal dengan Festival Saijaan
Pantai Gedambaan yang indah

Disebut juga Pantai Sarang Tiung, wisata pantai di Kotabaru ini menyuguhkan pemandangan pantai di kaki gunung. Di sekitar pantai, tersedia banyak penginapan.

Bukan tanpa alasan, banyak tempat menginap ini karena Pantai Gedambaan menyuguhkan golden view saat malam hari. Di mana akan nampak banyak sekali lampu yang menimbulkan kesan eksotis. Tak hanya itu. Lebih indah lagi jika menikmati matahari terbit di pantai ini. 

Maka, bermalam supaya tak ketinggalan sunrise adalah keputusan yang tepat untuk wisata di Kotabaru yang instagramable ini.
3. Pantai Tanjung Ketapang

Keren! Wisata di Kotabaru Makin Terkenal dengan Festival Saijaan
Pesona Pantai Tanjung Ketapang

Jarak Pantai Tanjung Ketapang tidak jauh dari pusat kota, yaitu sekitar 10 kilometer. Kemudahan akses inilah yang menyebabkan wisata Kotabaru yang viral ini banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun internasional. 

Pesona pemandangan pantai tak bisa ditolak. Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan dalam bingkai foto yang aduhai.

4. Gua Liang Udut

Keren! Wisata di Kotabaru Makin Terkenal dengan Festival Saijaan
Keindahan stalaktit gua Liang Udut

Wisata di Kotabaru selanjutnya bernama Gua Liang Udut. Gua ini berada di pegunungan kapur yang menyebabkan adanya stalaktit – stalaktit indah di langit-langit.

Sedangkan di lantai gua, terdapat air jernih kebiruan. Jika di luar gua, airnya membentuk danau yang menambah keindahan pemandangan sekitar. 

5. Air Terjun Seratak

Keren! Wisata di Kotabaru Makin Terkenal dengan Festival Saijaan
Segarnya suasana air terjun Seratak

Air Terjun ini jadi rekomendasi wisata berikutnya. Air terjun Seratak memiliki pemandangan alami hutan yang mempesona. Angin yang berhembus membelai kulit, aroma pepohonan menyeruak dengan segera mengisi organ pernafasan.

Lebih lengkap bila menyempatkan berendam di danau turunnya air terjun ini. Pikiran dan badan menjadi lebih rileks dan segar. Siap menjalankan aktivitas dengan tangki semangat yang meluap-luap. 

Baca juga: Koleksi Air terjun di Mojokerto Jawa Timur

6. Gunung Bamega

Keren! Wisata di Kotabaru Makin Terkenal dengan Festival Saijaan
Gunung Bamega, ikon pariwisata Kotabaru

Kotabaru gunungnya bamega… Bamega umbak manampur di sala karang… umbak manampur di sala karang… 

Adalah penggalan lirik lagu berjudul “Paris Barantai” yang menggambarkan suasana Kotabaru. Ada nama Gunung Bamega yang disebut.

Gunung ini sebenarnya bernama Sebatung. Diberi nama Bamega karena terlihat banyak mega/awan yang menyelimuti puncak gunung. Gunung Bamega merupakan bagian dari kawasan hutan lindung dan tahura. 

Pemerintah setempat masih berupaya untuk mendongkrak potensi wisata di Kotabaru 2022. 

Rencananya tidak akan banyak mengubah kondisi lokasi, dibiarkan seperti aslinya. Sehingga terkesan belum terjamah banyak orang. Pasti asyik berpetualang di area alami seperti ini.  

Sebagai akhir, Festival Saijaan semoga bisa jadi momentum untuk mendongkrak potensi wisata di Kotabaru. Rekomendasi wisata di atas bisa jadi tujuan saat berada di Kotabaru.

Ingin rekomendasi lain buat wisata setelah ke Kotabaru? Klik sini segera, ya!

0 comments on “Keren! Wisata di Kotabaru Makin Terkenal dengan Festival Saijaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.