Festival Pesona Selat Lembeh 2023
PigiUpdate

Festival Pesona Selat Lembeh 2023, Pancaran Cahaya dari Hidden Gem Sulawesi Utara 

Untuk kali kedelapan, tahun ini Festival Pesona Selat Lembeh 2023 telah dilaksanakan dengan meriah

Untuk kali kedelapan, tahun ini Festival Pesona Selat Lembeh 2023 telah dilaksanakan dengan meriah. Mengangkat kebudayaan Sulawesi Utara di sebuah hidden gem-nya yang precious. Mana lagi kalau bukan perairan Kota Bitung, tempat beribu flora fauna endemik hidup bebas.

Pesona Selat Lembeh 

Pesona Selat Lembeh 
Pesona Selat Lembeh

Perairan Kota Bitung tersebut memisahkan daratan utama Pulau Sulawesi dengan Pulau Lembeh. Dengan ukuran yang tidak begitu besar, Selat Lembeh memang tidak digunakan sebagai lalu lintas pelayaran. Namun setiap harinya nampak lalu lalang perahu yang pulang atau pergi dari Kota Bitung ke Pulau Lembeh. Baik itu untuk urusan wisata atau yang lainnya.

Sebab Selat Lembeh juga menjadi Laboratorium alami dari UPT Lokal Konservasi Biota Laut  milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Perairan Lembeh menyimpan kekayaan hayati yang unik dan beragam. Bahkan memiliki spesies unik berukuran mikro. Seperti kuda laut pigmi, dwarf cuttlefish, dan yang menarik adalah mimic octopus atau gurita penyamar.

Memang belum setenar Bunaken yang juga ada di Sulawesi Utara, namun Selat Lembeh juga menjadi tujuan banyak sekali wisatawan. Baik dari dalam maupun luar negeri. Kebanyakan mereka bertujuan menikmati keindahan alam bawah laut dengan snorkeling atau diving. Di kalangan para penyelam ini, Selat Lembeh dijuluki sebagai Surganya Fotografi Makro. Sebab banyaknya hewan berukuran kecil nan menakjubkan yang bisa dipotret.

Baca juga: Jadwal Nusa Penida Festival 2023, Ada Tari Kolosal dan Penampilan Cak Jengger yang Sakral

Festival Pesona Selat Lembeh 2023

Festival Pesona Selat Lembeh 2023 
Festival Pesona Selat Lembeh 2023

Mengeksplorasi keindahan alam bawah laut, itulah yang menjadi salah satu tujuan diadakannya Festival Pesona Selat Lembeh, khususnya Underwater Photography Competition. Bukan fotografi biasa, bukan sekedar menyelam dan menikmati pemandangan. Itulah asyiknya kegiatan ini, menantang namun menggembirakan.

Selain itu, tentunya ada juga agenda lain yang tak kalah menarik. Festival Pesona Selat Lembeh 2023 memberikan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjung, karena banyaknya kesempatan menyaksikan seluruh rangkaian event. Sekaligus menikmati keindahan Selat Lembeh dan destinasi wisata Kota Bitung pada umumnya.

Menariknya Festival Pesona Selat Lembeh diwujudkan oleh masyarakat dan ditujukan bagi masyarakat. Sejak persiapan awal, telah dibuka kesempatan untuk jadi volunteer, yakni mereka yang berupaya mencurahkan waktu, tenaga, dan kreativitas dalam pelaksanaan acara. Terbagi dalam tim-tim kepanitiaan, jerih payah mereka terbayarkan dengan kesuksesan acara. Belum lagi, artis yang tampil adalah sekitar 400 artis lokal dari Kota Bitung yang sudah go nasional. Seperti Raja Gimbal Sulut, Jarank Pulang dan Gio Idol, Bassgilano, Teddy Salendah, Zaitun Voice, Gunawan dan lainnya.

Di sisi lain, Festival Pesona Selat Lembeh juga bermanfaat untuk masyarakat. Keberadaannya membawa harapan atas perbaikan perekonomian, khususnya melalui sektor pariwisata dan budaya. Dengan adanya acara ini, kunjungan pelancong ke Kota Bitung jadi meningkat. Buktinya dua pekan sebelum acara dimulai kemarin, telah ada sekitar 100 turis dari 13 negara yang sudah berdiam di Kecamatan Ranowulu, Bitung. Di tanggal 8 Oktober 2023 ada satu kapal pesiar yang mengangkut 2000 orang bakal bersandar di pelabuhan Kota Bitung. Apalagi ada bazar UMKM milik masyarakat yang membersamai pelaksanaan acara selama 7 hari. Dijamin, roda perekonomian bakal pesat melaju.

Festival Pesona Selat Lembeh 2023 dilaksanakan pada tanggal 4-10 Oktober 2023. Di Bitung Creative Center, Satrol Lantamal VIII, dan Stadion Dua Sudara Kota Bitung, Sulawesi Utara. Beragam acara terlaksana seperti Sailing Pass, Lembeh Strait International Bitung Choir Festival, Rowing Competition, Fishing Competition, Open Water Swimming Competition, Underwater Photography Competition, Minahasa Culture Festival, Cooking Competition, Costume Carnaval, Pitbull Competition, UMKM & Culinary Expo, Music Concert, Cutting Tuna Show dan lainnya. Ada MC kondang Cak Lontong dan artis ibu kota grup band Tipe-X sebagai guest star. Tak lupa kemeriahan juga dibawakan oleh banyak local talent .

Baca juga: Pigijo Road To The East: Intip 4 Destinasi Indonesia Timur yang Keren Abis!

Tema Festival Pesona Selat Lembeh

Tema Festival Pesona Selat Lembeh
Tema Festival Pesona Selat Lembeh

Tahun ini Festival Pesona Selat Lembeh Bitung Sulawesi Utara masuk dalam daftar 110 Karisma Event Nusantara. Sebuah program kolaborasi antara pemerintah kota dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Dengan begitu, harapan menaikkan kunjungan wisatawan ke kota Bitung jadi semakin besar.

Sebuah tema diusung sejak awal persiapan hingga acara berlangsung. “See It, Love It, Enjoy It” bermakna mengajak semua orang untuk datang ke Kota Bitung dan menyaksikan betapa indahnya alam di sini dan sungguh menariknya budaya yang ada. Maka rasa cinta akan tumbuh dan berkembang menjadi nyaman untuk lebih lama di kota ini.

Baca juga: Numbay Creative Festival 2023 di Taman Imbi Jayapura Sebagai Sumber Inspirasi dan Kreativitas

Festival Pesona Selat Lembeh 2023 berhasil mengangkat potensi menarik Kota Bitung Sulawesi Utara. Dengan menjunjung tinggi kearifan dan kreativitas masyarakat lokal, bahkan wisata di Bitung pun siap mendunia.

0 comments on “Festival Pesona Selat Lembeh 2023, Pancaran Cahaya dari Hidden Gem Sulawesi Utara 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.