Local Experiences

Pantang Pulang Sebelum Beli 5 Oleh-oleh Makanan Khas Pemalang

Oleh-oleh Makanan khas Pemalang Jateng

Kekayaan kuliner Nusantara memang luar biasa. Salah satunya adalah oleh-oleh makanan khas Pemalang, Jateng. Tersebar dari ujung barat hingga ke timur, dari selatan ke utara, begitupun di Pulau Jawa. Oleh-oleh makanan khas Pemalang menggambarkan keberagaman cita rasa yang otentik khas Indonesia. Menarik untuk dibeli dan sedap untuk dinikmati bersama keluarga sebagai buah tangan.

Makanan Khas Pemalang

Oleh-oleh Makanan Khas Pemalang Jateng
Oleh-oleh Makanan Khas Pemalang Jateng

Pemalang, kota di jalur pantai Utara Jawa Tengah (Jateng), selalu dilewati mereka yang berkendara di jalur darat. Maka tak salah bila berhenti sejenak, melepas penat dan mengisi energi kembali dengan mencicipi makanan khas Pemalang yang mudah didapatkan di jalur transportasinya. Itu adalah ide bijak bila sedang berada di kota Grombyang ini.

Di sana, ada beberapa produk kuliner yang menarik untuk dicoba. Baik dari penamaan hingga penampilan makanan saat disajikan. Sudah tentu akan semakin lezat bila menyantapnya dengan segera di tempat.

Namun, bagaimana bila ketagihan dan ingin membawanya pulang? Atau berkehendak membawakan oleh-oleh makanan khas Pemalang untuk orang di rumah? Tenang. Banyak ragam buah tangan produk kuliner bisa jadi pilihan.

Baca juga: Lezatnya 3 Menu Dessert Khas Indonesia yang Mendunia

Oleh-oleh Makanan Khas Pemalang Jateng

Selalu ada keistimewaan dalam proses memberi dan menerima buah tangan. Ada kebahagiaan bagi yang baru saja bepergian, pun untuk yang menunggu kedatangan. Maka, oleh-oleh makanan khas Pemalang Jateng yang spesial bisa jadi pilihan. Dengan rasa yang otentik dan khas, akan menambah kesan momen santap buah tangan yang diterima.

Berikut adalah oleh-oleh makanan khas Pemalang, Jateng yang bisa dipilih:

  1. Ogel-ogel
    Oleh-oleh Makanan Khas Pemalang Ogel-ogel
    Oleh-oleh Makanan Khas Pemalang, Ogel-ogel.

    Oleh-oleh khas Pemalang, Ogel-ogel, merupakan kudapan dari tepung ketan. Dengan bahan tambahan berupa tepung tapioka, telur, gula, garam dan keju. Adonan kemudian dicampur dan dicetak menyerupai ulat, lalu digoreng. Istimewanya, makanan kering khas Pemalang ini tidak menggunakan bahan pengawet. Sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Untuk mendapatkannya pun tak sulit, karena banyak toko oleh-oleh khas Pemalang yang menjual.

  2. Kerupuk Usek
    Oleh-oleh Makanan Khas Pemalang Jateng Kerupuk Usek
    Oleh-oleh Makanan Khas Pemalang Jateng Kerupuk Usek

    Makan kerupuk memang asyik tiada tara. Apalagi bila menyantap makanan legendaris Pemalang yang satu ini. Warga menyebutnya dengan Kerupuk Usek. Rasanya gurih dan nikmat. Untuk mendapatkannya pun mudah, karena juga tersebar di warung-warung dan pasar.

    Yang membuat kerupuk dari tepung tapioka dan singkong ini istimewa adalah anti minyak. Ya, tidak seperti lainnya, kerupuk usek khas Pemalang digoreng dengan pasir khusus. Kemudian setelah mengembang dan matang, bisa dinikmati dengan sambal telo (ketela). Atau seperti kebiasaan para pendahulu, yakni menikmatinya dengan pecel dan botok.

    Baca juga: Punya Motif Indah dan Bermakna, Batik Lasem Jadi Outfit Para Kepala Negara

  3. Nanas Madu
    Oleh-oleh Makanan Khas Pemalang Nanas Madu
    Oleh-oleh Makanan Khas Pemalang Nanas Madu

    Buah khas Pemalang ini sudah jadi ikon kota sejak dulu. Maka bila sedang berada di kota ini, segera saja mencari nanas madu untuk dibawa pulang dan jadi buah tangan. Sesuai nama, rasanya akan menambah kegembiraan.

    Ya, berbeda dengan lainnya, nanas madu memiliki rasa yang manis dan legit. Ditambah dengan ukurannya yang kecil, membuat makan satu jadi ingin tambah lagi. Apalagi ada banyak manfaat bila mengkonsumsi nanas madu. Mulai dari mencegah asma hingga bagus untuk pasangan yang sedang memprogramkan kehamilan.

  4. Mangga Istana
    Oleh-oleh Makanan Khas Pemalang Mangga Istana
    Oleh-oleh Makanan Khas Pemalang Mangga Istana

    Ternyata selain nanas madu ada satu lagi buah khas Pemalang. Namanya Mangga Istana. Keistimewaannya dibanding jenis lain adalah mangga ini rasanya manis dan tidak berserat. Panennya pun bisa setiap saat, tidak harus menunggu satu waktu tertentu. Bukan hanya itu, cara memakan oleh-oleh makanan khas Pemalang Jateng inipun unik, yakni dengan cara dipotong melingkar di tengah buah. Kemudian diputar pada ujung sampai terbuka dan terlihat daging buahnya. Sangat mudah dilakukan karena mangga istana khas Pemalang tidak memiliki serat.

  5. Apem Comal
    Oleh-oleh Makanan Khas Pemalang Apem Comal
    Oleh-oleh Makanan Khas Pemalang Apem Comal

    Apem menjadi kudapan yang cukup terkenal di Pulau Jawa. Begitupun di sini, ada Apem Comal, makanan khas Randudongkal, Pemalang. Terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, dan telur. Adonan apem harus didiamkan selama semalaman. Kemudian dicetak dengan alas dari daun pisang, lalu dikukus. Rasa smoky yang unik didapat dari penggunaan tumang alias kompor kayu bakar.

Baca juga: Wow, Inilah 12 Gunung Dengan Sunrise Terindah di Indonesia

Oleh-oleh makanan khas Pemalang Jateng akan menjadi hadiah istimewa. Rasa otentiknya jadi menarik rasa bahagia bagi yang menerimanya. Di sisi lain, si pemberi pun merasa puas bila buah tangannya diterima dengan baik. Maka, pantang pulang sebelum beli oleh-oleh bila sedang bepergian atau berwisata di Pemalang.

 

0 comments on “Pantang Pulang Sebelum Beli 5 Oleh-oleh Makanan Khas Pemalang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.