Peran Iko Uwais di Expendables 4
Lifestyle

8 Fakta Menarik Peran Iko Uwais di Expendables 4

Terhapuslah rasa penasaran! Akhirnya peran Iko Uwais di Expendables 4 sudah bisa ditonton di layar lebar tanah air.

Terhapuslah rasa penasaran! Akhirnya peran Iko Uwais di Expendables 4 sudah bisa ditonton di layar lebar tanah air. Kabar yang telah terdengar dua tahun terakhir terbayarkan telah ketika melihat aksi aktor tampan asli Indonesia ini. Nusantara patut berbangga, karena salah satu anak bangsa berhasil mendunia.

The Expendables 4 rilis di Indonesia pada tanggal 20 September 2023 lalu. Ruang bioskop sontak dipenuhi penggemar film action. Tak hanya mereka, warga Indonesia yang nge-fans Iko Uwais memastikan diri untuk jadi saksi. Bagaimana sang aktor menaikkan debut sebagai pelaku cerita sinema sekelas Hollywood.

Baca juga: 7 Film Dokumenter Tentang Alam ini Bakal Bikin Kamu Merinding Disko

The Expendables 4

The Expendables 4
The Expendables 4

The Expendables 4 atau Expend4bles merupakan sebuah film laga Amerika yang disutradarai Scott Waugh. Penulis skenarionya adalah Kurt Wimmer, Tad Daggerhart, dan Max Adams, yang didasarkan pada cerita karangan Spenser Cohen, Wimmer, dan Daggerhart.

Seperti serial sebelum-sebelumnya, film ini dibintangi oleh aktor laga terkenal dunia. Yakni Sylvester Stallone, Jason Statham, 50 Cent, Megan Fox, Dolph Lundgren, Tony Jaa, Andy Garcia, Daren Nop, Levy Tran, Cody Mackie, Cokey Falkow, dan lainnya. Tak lupa, ada Iko Uwais dari Indonesia.

Sinopsis Film The Expendables 4

Sinopsis Film The Expendables 4
Sinopsis Film The Expendables 4

Cerita dalam film berfokus pada misi The Expendables, sekelompok tentara bayaran veteran. Di bawah pimpinan Barney Ross (Sylvester Stallone), mereka berusaha mencegah terjadinya Perang Dunia III. Mereka rela mempertaruhkan nyawa demi kesuksesan misi tersebut.

Salah satu rintangan adalah ketika mereka harus berhadapan dengan penjual senjata ilegal yang salah satunya dipimpin oleh Rahmat (Iko Uwais). Selain itu, Expendables juga terseret pada konspirasi yang memicu konflik perang nuklir antara Rusia dan Amerika. Cerita juga dibumbui dengan scene romantis yang mengisahkan hubungan Lee Christmas dengan mantannya, yakni seorang agen CIA bernama Gina (Megan Fox).

Baca juga: Intip Keindahan Dunia dengan Deretan Film Ini

Peran Iko Uwais di Expendables 4

Peran Iko Uwais di Expendables 4
Peran Iko Uwais di Expendables 4

Jadi, Iko Uwais jadi apa sih di Expendables 4?

No kaleng-kaleng! Kali ini Iko adalah seorang villain, yakni tokoh antagonis utama. Padahal pada film-film sebelumnya, suami dari penyanyi Audy Item ini selalu mendapatkan jatah peran protagonis. Bisakah Iko menampilkan kejahatan dalam aktingnya kali ini?

Yuk, simak fakta peran aktor kelahiran 40 tahun silam ini dalam film the Expendables 4!

1.Alami Starstruck

Bermain dengan bintang-bintang besar, membuat Iko sempat merasa canggung. Namun, secara profesional dia sanggup mengatasi hal tersebut. Dia meyakinkan bahwa hal ini merupakan kesempatan dan pengalaman yang sangat berharga, bisa banget satu frame dengan pemain-pemain senior dan punya banyak pengalaman. Maka, masa syuting selama dua bulan di luar negeri dan jauh dari keluarga dijalaninya dengan nyaman.

Bahkan aktor sekelas Jason Statham, lawan mainnya yang merupakan aktor utama sekaligus produser, sangat humble. Dengan jam terbang tinggi, Statham lihai membangun chemistry antara para pemain. Menyala ratakan diri dengan pemain baru seperti Iko sekalipun.

2. Sebagai Suarto Rahmat

Meskipun tak disebutkan asal daerah, nama Suarto Rahmat sangat tepat dilekatkan pada Iko yang berwajah khas Indonesia. Hal ini jadi sensasi tersendiri saat berulang kali terdengar artis luar negeri menyebut nama ‘Rahmat’ dengan aksen bahasa asing. Rahmat adalah seorang mantan tentara yang beralih profesi menjadi pedagang senjata. Dia juga melakukan misi tentara bayaran untuk merebut alat kendali nuklir di Libya. Rahmat pun merekrut banyak orang untuk dijadikan prajurit guna menggapai tujuannya. Pasukan swasta yang dipimpinnya memiliki jumlah anggota yang besar dan kekuatannya seimbang dengan tim The Expendable. Di sisi lain, Rahmat adakah seseorang yang loyal pada atasan. Sebagai seorang petarung, dia mahir dalam pertarungan jarak dekat dengan menggunakan tonfa. Tonfa adalah tongkat pemukul yang biasanya dipakai oleh petugas keamanan. Dia juga jago memakai senjata api.

3. Tanpa Audisi

Kabar mengenai aktor dengan nama asli Uwais Qorny ini turut bergabung dalam sekuel Expend4bles telah bergaung sejak 2 tahun silam. Menariknya, Iko tidak perlu melalui proses audisi. Melainkan rumah produksilah yang menghubungi Iko secara langsung. Kesempatan seperti ini tidak datang pada sembarang aktor. Apalagi untuk film yang bertabur bintang laga dunia. Sehingga peran Iko Uwais di Expendables 4 diharapkan mampu memberi vibes tersendiri.

4. Peran Penting

Biasanya aktor Indonesia dalam film asing hanya mendapat porsi kecil dalam scene. Seperti ketika Iko dan Yayan Ruhian sebagai cameo dalam film Star Wars beberapa tahun lalu, hanya tampil beberapa detik. Sedangkan film yang meraup untung Rp 169 miliar di China ini, memberi Iko peran penting, yakni villian yang kekuatannya sama dengan peran utama, pemimpin tim Expendables. Bahkan adegannya saat berkelahi dengan Jason Statham menjadi thriller film.Ditambah lagi, adegan awal film menampakkan  serangkaian adegan aksi Rahmat dan anak buahnya. Mereka menyerbu sebuah pabrik senjata kimia di Libya. Iko sebagai pemimpin menjadi point of view dalam scene ini.

5. Dialog Bahasa Inggris

Sebab mendapatkan porsi besar dalam film, otomatis peran Iko Uwais di Expendables 4 mengharuskannya lancar berbahasa Inggris. Pada film Hollywood-nya terakhir bareng aktor terkenal, Mile 22 dan Mark Whalberg, Iko tampil dengan sedikit bicara. Dia lebih banyak menunjukkan skill berkelahi saja. Hanya dialog sedikit-sedikit. Namun kali ini, pria berdarah Betawi ini terlihat natural dalam berbicara dengan lawan mainnya. Padahal di awal debut internasionalnya, Iko masih perlu penerjemah bila diwawancarai dengan bahasa Inggris. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan bahasa Inggrisnya berkembang pesat dan ini pasti buah dari belajar yang keras.

6. Porsi Berkelahi

Kekuatan permainan peran Iko dalam film-filmnya sebelum ini terletak pada penampilannya dalam memperagakan pencak silat yang indah. Terlihat koreografi pertarungan yang mampu membuat penonton terpukau. Perkelahian yang cukup lama dan meninggalkan kesan.

Sayangnya, di film The Expendables 4, kemampuan bela diri Iko tidak ter-ekspos maksimal, sebagaimana film-film sebelumnya. Nah, ada satu yang paling mengesankan yakni saat Rahmat bertarung dengan Christmas, sang tokoh protagonis utama. Meskipun juga tak lama. Peran Iko lebih pada tugasnya sebagai pembuat strategi dan koordinator pasukan musuh. Koordinator pemeran pengganti (stunt) film The Expendables 4 alias Expend4bles, Alan Ng menjelaskan, “Kami ingin sekali memiliki lebih banyak adegan perkelahian untuk Iko Uwais, tapi itu semua tergantung pada naskah dan karakternya.”

7. Tidak Bisa Promosi Filmnya

Meskipun sukses berakting, Iko Uwais tidak bisa turut serta mempromosikan film terbarunya ini. Pun tidak bisa menghadiri special screening, dengan alasan dia adalah salah satu member SAG Strike, yakni sebuah aksi protes para pekerja seni terkait upah di Hollywood. Aksi Iko dan kawan-kawannya dalam The Expendables 4 adalah wujud rasa solidaritas serta dukungan supaya sineas Hollywood mendapat kompensasi yang adil serta kondisi kerja yang baik.

8. Banjir Pujian

Bila mengintip akun medsos Iko, akan nampak kehangatan dalam keluarga dan pertemanannya. Dia memang dikenal sangat menyayangi istri dan dua putrinya. Dengan wajah ramahnya, memang sebenarnya lebih pas bila Iko memerankan tokoh protagonis. Masalahnya, dalam film Expend4bles, dia mendapatkan peran sebaliknya. Bisakah dia berakting maksimal?

Ini pendapat Jason Statham dalam akun medsosnya, sebuah caption atas foto yang menampakkan dirinya bersama Iko dalam sebuah scene,Suatu kehormatan untuk menghabiskan waktu berbagi layar dengan @iko.uwais yang sangat berbakat. Seorang master sejati dari permainannya, kekuatan kecepatan dan keterampilan yang membutuhkan waktu seumur hidup untuk dicapai.

Satu lagi pujian datang dari Alan Ng, koordinator stuntman dari The Expendables 4 mengungkapkan, “…Kami tidak perlu banyak bicara saat membuat koreografi karena hal itu datang begitu saja secara alami. Sangat mudah untuk bekerja sama dengan mereka karena mereka sangat profesional dan berbakat.

Baca juga: 4 Film Traveling Ini Memiliki Kisah yang Inspiratif Sekaligus Menyenangkan

Menyimak pujian dari lawan main dan kru film, serta upayanya dalam bermain, maka peran Iko Uwais di The Expendables 4 patut diacungi jempol. Meski memiliki ciri khas pemain protagonis, ternyata dia sukses bersanding aksi dengan para bintang papan atas Hollywood. Indonesia patut berbangga pada sang aktor yang juga memiliki sikap budiman ini.

0 comments on “8 Fakta Menarik Peran Iko Uwais di Expendables 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.