Festival Tanjung Waka 2023
Local Experiences

Sula Basanohi! Ini dia 6 Fakta Menarik Festival Tanjung Waka 2023

Sebentar lagi Festival Tanjung Waka 2023 akan diselenggarakan! Saatnya Kawanjo bergabung dalam acara dengan misi super keren ini

Sebentar lagi Festival Tanjung Waka 2023 akan diselenggarakan! Saatnya Kawanjo bergabung dalam acara dengan misi super keren ini. Bagaimana tidak, tema event nya aja tidak main-main, yakni “Pemberdayaan Komunitas Lokal Dalam Peningkatan Wisata Sula Berbasis Eco-Edu Concept Menuju Pariwisata Sula yang Berkelanjutan”.

Pariwisata di Kepulauan Sula 

Ya, Kepulauan Sula memang menjadi salah satu daerah yang concern pada masa depan. Sebutlah sebagai destinasi wisata di Maluku Utara yang berbasis sustainable tourism. Karena alasan itulah, prinsip Sustainability Tourism diterapkan sebagai perwujudan pengembangan sektor pariwisata yang bermanfaat hingga jangka waktu panjang ke depan. Baik itu terhadap ekosistem, sosial budaya, serta ekonomi. Tak hanya untuk masa kini namun juga bagi masa depan, yang berdampak pada seluruh masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung.

Baca juga: Masih ada Karisma Event Nusantara Oktober 2023 Hingga Akhir Bulan, Yuk Jadwalkan!

Pelaksanaan Festival Tanjung Waka 2023

Pelaksanaan Festival Tanjung Waka 2023
Pelaksanaan Festival Tanjung Waka 2023

Dengan tema yang ada, Festival Tanjung Waka berusaha menerapkan empat pilar pariwisata berkelanjutan di Indonesia, yakni bisnis pariwisata, sosio ekonomi berkelanjutan, keberlanjutan budaya yang harus selalu dikembangkan dan dilestarikan, serta aspek lingkungan yang tak boleh lengah untuk dijaga. Dalam kurun waktu pelaksanaan Festival Tanjung Waka (FTW) pada tanggal 4 hingga 7 Oktober 2023, terdapat berbagai kegiatan bermanfaat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas wisata Sula berbasis eco-edu concept.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan FTW 2023 juga diselenggarakan di Pantai Tanjung Waka. Sebuah tujuan ekowisata yang berlokasi di Jalan Desa Pohea, Fatkauyon, Kecamatan Sulabesi Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara. Di sini terdapat penangkaran penyu dan terumbu karang di dalam lautnya.

Baca juga: Jangan Dulu Pulang Kalau Belum Eksplor 5 Tempat Ini di Likupang!

Acara Festival Tanjung Waka 2023

Acara Festival Tanjung Waka 2023
Acara Festival Tanjung Waka 2023

Sebagaimana telah disebutkan, Festival Tanjung Waka diselenggarakan dengan berlandaskan tema yang telah dipilih. Sebab itu, acara yang digelar pun tak jauh dari hiburan sekaligus edukasi pada masyarakat tentang keberlanjutan sekitar.

Beberapa acara yang dilaksanakan adalah Beach Clean Up Desa Pesisir Kepulauan Sula, pelatihan manajemen sampah dan kompos, transplantasi terumbu karang dan pelepasan penyu, Diving exploration: Explore Turtle Paradise on Sula dan Goes Bena Sepeda 100 Kilometer, atraksi 100 Kapal Arumbai, 20 kapal nelayan, dan 100 Perahu Semang dari 80 Desa di Kepulauan Sula. Jangan sampai ketinggalan juga, ada agenda The Second International Seminar of Sustainable Coastal Tourism dan Seminar Habar Sua: Pelestarian Bahasa Daerah dan Baju Adat Sula, dan agenda menarik lainnya.

Baca juga: Serbu! One Day Trip Suspension Bridge Situ Gunung Cuma 300 Ribu

Fakta Menarik Festival Tanjung Waka 2023

Fakta Menarik Festival Tanjung Waka 2023
Fakta Menarik Festival Tanjung Waka 2023

Keren benar memang konsep acara yang masuk daftar Karisma Event Nusantara 2023 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini. Nah, dari berbagai persiapan dan agenda acara, ada beberapa fakta menarik yang membuat Kawanjo yakin untuk menuju Kepulauan Sula. Tiada lain adalah untuk ikutan Festival Tanjung Waka 2023!

  1. Venue
    FTW 2023 dilaksanakan di Pantai Tanjung Waka. Ternyata Lokasi ini memiliki luas area 2,6 kilometer di sepanjang pesisir pantai. Sangatlah panjang untuk dijelajahi! Bisa-bisa venue ini mendapatkan gelar lokasi penyelenggaraan terpanjang untuk sebuah festival!
  2. No Plastic!
    Selain itu, hampir 100% material konstruksi bangunan di FTW 2023 menggunakan material ramah lingkungan. Seperti  bambu, kayu,  ranting bambu, anyaman tikar, tali ijuk, serbuk kayu, dan batang sagu. Sedangkan umbul-umbul di lokasi acara dan area pemukiman di pedesaan adalah dari janur kelapa dan rajutan daun kelapa.Di sisi lain, hampir seluruh perlengkapan makanan dan minuman untuk tamu undangan dan pengunjung di Festival Tanjung Waka 2023 juga menggunakan material ramah lingkungan. Bahannya dari kertas, kayu, ataupun bambu. Wah, menarik bukan?
  3. Beach Cleanup Terpanjang
    Tak berhenti hanya di piranti acara. Ada satu agenda yang fenomenal, yakni bersih pantai atau Beach Clean Up. Aksi ini dilakukan di pesisir pantai sepanjang kurang lebih 75 km yang melewati hampir 38 desa secara serempak di hari dan waktu yang sama. Selain beach clean up, ada juga aksi pelepasan penyu dan transplantasi terumbu karang yang mengokohkan sikap peduli terhadap lingkungan sekitar.
  4. Atraksi Armada Laut
    Diprediksikan, inilah yang menyedot perhatian paling banyak. Yaitu atraksi yang melibatkan armada laut terbanyak dalam sejarah pentas festival. Terdapat Atraksi 100 Kapal Arumbai, 20 Kapal Nelayan, dan 100 Perahu Semang dari 80 Desa di Kepulauan Sula. Jadi, jangan sampai ketinggalan dalam menyimak acara ini!
  5. Kuliner Fantastis
    Bukan hanya atraksi armada laut. Ada juga yang sangat menarik, terutama bagi para penggemar kuliner, yakni live cooking produk olahan makanan Sula sepanjang 30 meter. Dalam pelaksanaan Festival Tanjung Waka juga ada gelaran tradisi Makan Bersama atau Kaya Kub di atas meja sepanjang 100 meter. Lebih dari itu, ada juga expo UMKM, coffee dan food court arena untuk menjelajahi kuliner Maluku. Hati riang, perutpun jadi kenyang!
  6. Historical Camping
    Tahukah Kawanjo, tak perlu menyewa kamar hotel untuk mengikuti rangkaian acara festival. Sebab sekaligus menyatu dengan keindahan alam Pantai Tanjung Waka, Kawanjo bisa camping dengan gratis. Cukup bawa tenda dan keperluan pribadi guna bisa mengikuti Historical Camping. Bonusnya, Kawanjo bisa mengikuti banyak aktivitas seru lainnya. Seperti Historical Session, Tracking Kampung Roa, Kunjungan Expo FTW 2023, Panggung Budaya, Barbeque Party, Mancing Ikan, Fun Dive & Water Sport, Live Music, serta Quiz & Team Building Games!

Sula Basanohi, saudara masyarakat Kepulauan Sula, jangan lupa datang dalam Festival Tanjung Waka 2023. Ada banyak hal menarik yang bisa jadi momentum menarik dan sulit terlupa sepanjang pengalaman berwisata selama ini.

Sula Basanohi! Tersedia area camping gratis di tepi Pantai Tanjung Waka, khusus buat kamu yang mau camping selama acara FTW 2023. Kamu hanya perlu amu. Ingat yaa, lokasinya ada di Hostorical Camping Area. Di area ini juga ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan!

2 comments on “Sula Basanohi! Ini dia 6 Fakta Menarik Festival Tanjung Waka 2023

  1. Radita Indah Permata Sari

    Artikel ini membahas tentang Festival Tanjung Waka 2023 yang akan diselenggarakan di Kepulauan Sula dengan tema “Pemberdayaan Komunitas Lokal Dalam Peningkatan Wisata Sula Berbasis Eco-Edu Concept Menuju Pariwisata Sula yang Berkelanjutan” pada tanggal 4 hingga 7 Oktober 2023.
    Festival Tanjung Waka 2023 berusaha menerapkan empat pilar pariwisata berkelanjutan di Indonesia, yaitu bisnis pariwisata, sosio ekonomi berkelanjutan, keberlanjutan budaya yang harus selalu dikembangkan dan dilestarikan, serta aspek lingkungan yang tak boleh lengah untuk dijaga. Festival Tanjung Waka 2023 bertujuan untuk meningkatkan kualitas pariwisata di Kepulauan Sula dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip keberlanjutan. Prinsip Sustainability Tourism diterapkan sebagai perwujudan pengembangan sektor pariwisata yang bermanfaat hingga jangka waktu panjang ke depan, baik itu terhadap ekosistem, sosial budaya, serta ekonomi.

  2. Zeldania Marsellia

    Blog ini memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat tentang Festival Tanjung Waka 2023 di Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara dengan menerapkan empat pilar pariwisata berkelanjutan di Indonesia, yakni bisnis pariwisata, sosio ekonomi berkelanjutan, keberlanjutan budaya yang harus selalu dikembangkan dan dilestarikan, serta aspek lingkungan yang tak boleh lengah untuk dijaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.