Wisata Pulau Pramuka untuk Keluarga, Hemat Budget!
Local Experiences

Wisata Pulau Pramuka untuk Keluarga, Hemat Budget!

Wisata Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu selain hemat budget juga cocok untuk wisata keluarga. Simak deh Kawanjo!

Harga hemat ! Wisata Pulau Pramuka cocok untuk Keluarga 

Sebuah tempat yang termasuk wisata pulau seribu untuk keluarga di wilayah Jakarta ini patriotik banget. Cocok untuk merayakan tanggal 14 Agustus. Ya, setiap tanggal tersebut datang, masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai hari Pramuka. Organisasi kepanduan di Indonesia dengan kepanjangan nama Praja Muda Karana ini, memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya.

Nah, bagi pramuka Jakarta, ada satu tempat yang menyertai perkembangannya. Sebutlah namanya pulau Pramuka. Selain, Harga Hemat ! Wisata Pulau Pramuka cocok untuk Keluarga 

Sejarah Pulau Pramuka

Sejarah Pulau Pramuka
Sejarah Pulau Pramuka

Penamaan dari ibukota Kabupaten Kepulauan Seribu Jakarta ini memang tak sekedarnya. Asal usul nama Pulau Pramuka tercetus karena pada periode tahun 1950 -1979, tempat ini sering digunakan untuk acara kepanduan Kota Jakarta. Apabila ada program berkemah atau latihan, di pulau seluas 16 hektar inilah yang menjadi pilihan. Baru ketika ada Bumi Perkemahan Cibubur, kegiatan – kegiatan tadi berpindah.

Baca juga : Keindahan pulau Pramuka kepulauan Seribu

Ternyata ada fakta menarik. Saat zaman orde lama, Pulau Pramuka bernama Pulau Lang. Penyebabnya adalah di pulau ini banyak burung elang bondol di kala itu. Sekarang spesies tersebut tidak pernah terlihat, seiring dengan semakin tersingkirnya habitat asli si burung karena keperluan perumahan manusia.

Lokasi Pulau Pramuka

Wisata Pulau Pramuka
Wisata Pulau Pramuka

Pulau Pramuka merupakan bagian dari gugusan Pulau Seribu. Tepatnya di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Kab. Administrasi Kepulauan Seribu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Dekat sekali dengan pulau-pulau yang menjadi daftar destinasi wisata Kepulauan Seribu. Seperti Pulau Semak daun, Pulau Alor, Pulau Air, Gosong Patrick, dan lainnya. Sehingga ngetrip di pulau Pramuka bisa sekalian menjelajahi pulau yang lainnya. 

Aktivitas Wisata di Pulau Pramuka 

Aktivitas Wisata di Pulau Pramuka
Aktivitas Wisata di Pulau Pramuka

Sebagai salah satu destinasi wisata di Kepulauan Seribu yang menarik, pulau Pramuka memiliki banyak rekomendasi aktivitas asyik untuk dilakukan. Di antaranya:

  1. Menikmati pemandangan Pulau Pramuka

Pulau Pramuka termasuk tempat wisata yang paling digemari. Salah satu alasan adalah keindahan alamnya. Sebagai destinasi berlibur pinggir pantai, pulau ini memiliki daya tarik berupa jajaran karang yang tersebar di pinggir pulau. Lebih menggemaskan ketika ada banyak ikan warna – warni yang berenang melintasi terumbu karang.

Baca juga : Trip Wisata di Pulau Seribu

Wisatawan menjadi lebih nyaman berlama – lama di sini sebab keramahan penduduk sekitar. Juga dikarenakan fasilitas publik yang memadai. Berwisata di sini bersama keluarga dapat meningkatkan kebahagiaan bersama dengan lebih dekat pada pesona alam terbuka.

  1. Melihat konservasi penyu dan hiu

Ingin melihat gerak – gerik ikan hiu dari dekat? Atau penasaran dengan penyu kecil yang lucu? Mengunjungi Pulau Pramuka adalah solusi utama. 

Dengan mengunjungi tempat konservasi, keuntungan yang didapat tak hanya hati riang melihat hewan – hewan yang bebas berenang. Namun juga sebagai sarana pendidikan tentang daur hidup hiu dan penyu. 

  1. Mengunjungi Taman Nasional Kepulauan Seribu 

Salah satu kawasan pelestarian potensi alam bahari di Indonesia ini ada di pulau Pramuka. Di dalamnya terdapat usaha menolak kepunahan dari berbagai flora fauna yang hidup di kepulauan Seribu. Seperti berbagai bentuk terumbu karang, ikan – ikan di dalam laut, serta pohon mangrove.

Baca juga : Ngetrip ke taman nasional alas purwo di indonesia

Selain lebih mendekatkan diri pada alam yang lestari, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lain di taman nasional kepulauan Seribu. Yaitu spot – spot foto yang kekinian. Salah satunya adalah jembatan sepanjang 500 meter nan artistik. Siap memberikan hasil foto yang instagenic. 

  1. Snorkeling dan scuba diving
snorkeling Wisata di Pulau Pramuka
Snorkeling, salah satu aktivitas wisata populer di Pulau Pramuka

Daya tarik utama kepulauan Seribu termasuk pulau Pramuka adalah panorama bawah lautnya. Terdapat beberapa spot andalan yang memiliki terumbu karang dan ikan-ikan menawan. Misalnya spot pulau Semak daun, gosong Patrick, dan pulau Air.

Bagi yang tidak memiliki perlengkapan untuk menyelam, tenang saja. Ada banyak persewaan di sekitar sana. Pun untuk pemula juga tersedia pemandu mahir yang siap mendampingi selama berpetualang di bawah laut.

Maka, mengajak semua anggota keluarga yang bisa berenang untuk menikmati sensasi menyelam di laut Pulau Pramuka adalah keputusan tepat.

  1. Makan di resto apung

Rasakan asyiknya makan di atas laut. Dengan deburan ombak dan kicauan burung sebagai musik alami. Hembusan angin sepoi – sepoi yang membawa kesegaran bahari seolah siap mengiringi perut jadi kenyang.

Tersedia menu-menu seafood dan ragam makanan lainnya. Termasuk minuman segar yang cocok diminum di dekat laut.  

  1. Memancing

Mancing mania tak terlewat untuk menikmati pulau ini. Karena di sekitar dermaga pulau Pramuka terdapat spot pas untuk memancing. Juga beberapa spot lain selain dekat dermaga.

Banyak ikan yang sengaja berenang mendekat ke daratan membuat kegiatan memancing jadi memuaskan dan bikin bangga.

  1. Menjelajah pulau lain

Dengan speedboat atau feri, perjalanan dapat dilanjutkan. Ada beberapa pulau-pulau terdekat dari pulau Pramuka. Dengan ciri khas masing – masing, pesonanya tak kalah menarik. 

Ada pulau Air yang memiliki dua daratan yang terpisah, pulau Semak daun yang masih perawan dan belum berpenghuni, pulau Gosong patrick yang bisa menghilang, dan lainnya.

Cara ke Pulau Pramuka 

Cara ke Pulau Pramuka
Cara ke Pulau Pramuka

Pilihan tepat adalah memulai perjalanan dari Jakarta. Menggunakan kapal feri kayu dari pelabuhan Kaliadem Muara angke. Kapal ini berkapasitas 8-20 orang. Beramai – ramai menikmati keindahan pulau Seribu di atas perahu ini memakan waktu 1, 5 sampai 2,5 jam.

Baca juga : Paket Wisata di Taman Nasional

Alternatif kedua adalah dengan menaiki speedboat dari tempat pemberangkatan yang sama. Yaitu menggunakan speedboat dengan kapasitas penumpang yang lebih kecil. Dengan menaiki ini, termasuk menghemat waktu. Karena hanya 1,5 jam.

Wisata Pulau Pramuka untuk Keluarga
Wisata Pulau Pramuka untuk Keluarga

Mengunjungi pulau Pramuka paling tepat di bulan ini. Sebab Pigijo memberikan Merdeka sale di destinasi tertentu. Termasuk bila memilih paket wisata ke pulau Pramuka ini. 

Potongan harga yang diberikan tidak main – main! Pas banget dipakai untuk membeli oleh – oleh khas kepulauan Seribu. Karena mengunjungi toko oleh – oleh juga masuk ke dalam itinerary wisata pulau Pramuka by Pigijo. Tidak sampai 400ribu, pilihan pas untuk berwisata ramai – ramai sekeluarga.

0 comments on “Wisata Pulau Pramuka untuk Keluarga, Hemat Budget!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.