Es Bersantan Khas Indonesia
Lifestyle

11 Es Bersantan Khas Indonesia untuk Berbuka 

Dengan mengonsumsi secukupnya dan menghindari pemanasan berulang-ulang, minuman es dari santan akan bermanfaat bagi badan. Ini dia 11 es bersantan khas Indonesia yang cocok untuk berbuka!

Membicarakan kuliner Nusantara pasti tak ada habisnya. Banyak sekali ragamnya baik itu makanan maupun minuman. Bulan ramadan menjadi waktu di mana banyak sekali produk kuliner negeri sendiri yang jadi populer. Terutama es bersantan khas Indonesia yang memiliki cita rasa khas. Manis, gurih, dan menyegarkan pastinya. Cocok untuk menghapus lapar dahaga saat berbuka tiba.

Mengapa harus santan? Selain karena rasa khasnya yang enak, santan ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Asal diolah dengan benar, ya! Sebab jika salah penanganan, santan justru jadi ancaman bagi badan.

Manfaat dan Bahaya Santan Kelapa

Santan adalah cairan berwarna putih susu, berupa sari nabati yang diekstrak dari parutan daging kelapa tua. Dalam kuliner Indonesia, santan menjadi bahan membuat masakan yang lezat dan terasa khas. Ada rendang, opor, nasi kuning, aneka kue tradisional, dan lainnya. 

Santan juga sering digunakan untuk membuat sajian minuman hangat maupun dingin. Seperti pada kolak, angsle, dan berbagai macam es campur khas Indonesia. Minuman berbahan santan ini sering dikonsumsi sebagai takjil puasa ramadan.

Baca Juga : 5 Takjil Legendaris Khas Indonesia

Santan jika dikonsumsi secukupnya dapat menghindarkan tubuh dari beberapa penyakit. Seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker. Santan juga bisa memperlancar metabolisme tubuh. Dalam santan cair, terdapat karbohidrat, mineral, berbagai vitamin, lemak, dan protein. 

Namun, sebaliknya, jika disantap berlebihan santan akan meningkatkan kolesterol jahat dalam darah. Sehingga menimbulkan resiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, semua nutrisi baik dalam santan akan rusak bila dipanaskan berulang kali. Ini karena asam lemak dalam santan telah berubah jadi lemak jenuh bila terkena suhu tinggi berulang-ulang. 

Minuman Es Bersantan Khas Indonesia

Es Bersantan Khas Indonesia untuk Berbuka
Es Bersantan Khas Indonesia untuk Berbuka

Bulan ramadan datang, masyarakat Indonesia terbiasa menyantap takjil. Beberapa diantaranya adalah minuman es bersantan. Dengan mengonsumsi secukupnya dan menghindari pemanasan berulang-ulang, minuman es dari santan akan bermanfaat bagi badan.

Baca Juga : 6 Minuman Rempah Hangat untuk Kesehatan, Ada yang Menyehatkan Mata

Di sisi lain, terdapat beragam es bersantan khas Indonesia yang mewarnai khazanah sajian buka puasa. Di antaranya:

  1. Es Cendol Dawet
Es cendol dawet rekomendasi minuman segar untuk berbuka
Es cendol dawet rekomendasi minuman segar untuk berbuka

Cendol adalah bahasa Sunda dari jenis tambahan minuman yang terbuat dari tepung beras atau tepung ketan. Di Jawa Tengah disebut juga dengan dawet. Cara menyajikan es ini adalah dengan mencampur dawet dengan santan, gula merah, dan bahan atau topping lainnya. Seperti ketan hitam, nangka, dan sebagianya. Cendol Dawet adalah rekomendasi es bersantan khas Indonesia yang sangat familiar bagi masyarakat.

  1. Toge Panyabungan
Toge Panyabungan
Toge Panyabungan

Berasal dari Sumatera Utara, minuman khas Medan ini menggunakan aneka makanan yang tak asing bagi orang Indonesia.

Seperti bubur ketan hitam, cendol, tape ketan, bubur candil, dan lupis. Kemudian makanan tersebut diletakkan dalam satu mangkuk dan disiram air santan serta gula aren asli. Jangan lupa meletakkan es batu di dalamnya. Toge Panyabungan adalah es bersantan khas Indonesia yang cocok dijadikan takjil berbuka puasa.

  1. Es Laksamana Mengamuk
rekomendasi minuman segar untuk berbuka Es Laksamana Mengamuk
rekomendasi minuman segar untuk berbuka Es Laksamana Mengamuk

Warga Riau mempercayai bahwa dahulu ada seorang laksamana yang mengamuk karena istrinya dibawa kabur oleh pemilik kebun mangga kweni. Sehingga sang laksamana menebangi semua pohon kweni. Oleh warga, mangga kweni yang berjatuhan diolah menjadi minuman khas Riau, yaitu dengan mencampur daging buah mangga kweni dengan santan dan gula. Es bersantan khas Indonesia ini bikin buka puasa jadi makin seger!

  1. Es Kacang Merah
Es Kacang Merah rekomendasi minuman untuk berbuka
Es Kacang Merah rekomendasi minuman untuk berbuka

Bila Kawanjo sedang berkunjung di Sumatera Selatan dan sekitarnya, jangan lupa mencoba es kacang merah. Sajian minuman yang cocok untuk berbuka. Terdiri dari kacang merah, dawet, cincau, nangka, dan tape. Tak lupa semua bahan tersebut diberi santan dan es. Nyam! Es bersantan khas Indonesia yang satu ini dijamin membuat momen buka puasamu menjadi semakin seru.

  1. Es Selendang Mayang
Es Selendang Mayang
Es Selendang Mayang

Terkenal sebagai minuman asli Betawi, Es Selendang Mayang terbuat dari campuran santan dengan salah satu kue. Yaitu kue yang dibuat dari tepung hunkwe dan diberi beragam warna. Rasanya kenyal, dipadu dengan gurihnya santan dan legitnya gula Jawa membuat salah satu es bersantan khas Indonesia ini menjadi favorit masyarakat!

  1. Es Goyobod
rekomendasi minuman segar untuk berbuka Es Goyobod
rekomendasi minuman segar untuk berbuka Es Goyobod

Minuman khas ramadan dari Jawa Barat ini hampir mirip dengan es campur. Bahan utama isiannya adalah goyobod yang terbuat dari tepung tapioka atau hunkwe yang dimasak lalu dipotong kotak-kotak. Rasanya yang kenyal, kemudian dipadukan dengan potongan roti tawar, pacar cina, tape singkong, serta serutan daging kelapa. Terakhir, masukkan santan dan es serut.

Baca Juga : 5 Minuman Ini Bisa Atasi Asam Lambung Saat Ngetrip

  1. Es Gempol Pleret
Es Gempol Pleret
Es Gempol Pleret

Kuliner khas Jawa Tengah ini memadukan gempol dan pleret yang sama-sama terbuat dari tepung beras. Gempol berbentuk bulat sedangkan pleret agak pipih dan berwarna merah muda. Kedua isian ini kemudian diguyur santan dan ditambah dengan sirup juga es. Sangat segar dinikmati ketika adzan Maghrib telah bertalun.

  1. Es Pisang Hijau
Es Pisang Hijau rekomendasi minuman segar untuk berbuka
Es Pisang Hijau rekomendasi minuman segar untuk berbuka

Berasal dari Sulawesi Selatan, Bahan utama minuman ini bukanlah pisang yang berwarna hijau, melainkan pisang biasa yang dibalut adonan tepung berwarna hijau kemudian dikukus. Selanjutnya bahan tersebut diiris-iris, ditata di mangkok bersama bubur sumsum. Kemudian masukkan santan dan sirup cocopandan. 

  1. Es Pallu Butung
Es Pallu Butung rekomendasi minuman segar untuk berbuka
Es Pallu Butung rekomendasi minuman segar untuk berbuka

Sama-sama dari Sulawesi Selatan, es Pallu Butung juga menggunakan pisang. Bedanya pada es Pallu Butung, pisang raja yang digunakan hanya dipotong kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam kuah santan. Tak lupa diberi tambahan bubur sumsum juga sirup sebagai perasa. 

  1. Es Bongko
Es Bongko minuman segar untuk berbuka
Es Bongko minuman segar untuk berbuka

Dari Pontianak, satu minuman bisa jadi ide menu buka puasa ramadan. Bongko terbuat dari cairan tepung hunkwe dan air pandan yang dimasak hingga mengental. Kemudian dipotong kecil-kecil lalu dicampur dengan santan dan kuah gula merah.

  1. Poteng
Poteng
Poteng

Poteng adalah es tape dari Nusa Tenggara Barat. Terbuat dari campuran tape singkong, santan, susu cair, dan es batu. Menikmatinya bisa menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

Minuman es bersantan khas Indonesia bisa jadi alternatif menu takjil berbuka puasa. Tak perlu khawatir dengan bahayanya. Asal menggunakan santan asli dari buah kelapa dan tidak dipanaskan berulang kali, minuman tersebut justru menjadi asupan gizi baik untuk tubuh. Badan pun kembali segar dan semakin bugar dikala bulan ramadan. 

0 comments on “11 Es Bersantan Khas Indonesia untuk Berbuka 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.