3 Rekomendasi Tempat Camping Ramah Anak di Bandung
Local Experiences

3 Rekomendasi Tempat Camping Ramah Anak di Bandung

Tempat Camping Ramah Anak di Bandung adalah salah satu opsi mengisi liburan bersama keluarga.

Tempat Camping Ramah Anak di Bandung adalah salah satu opsi mengisi liburan bersama keluarga. Menginap sementara di dalam tenda atau bivak yang didirikan di alam terbuka membawa sensasi dan manfaat tersendiri. Nah, terdapat tempat camping ramah anak di Bandung yang bisa dipilih. Supaya pengalaman berkemah berjalan lancar sesuai rencana.

Camping adalah cara untuk terhubung dengan alam lebih dekat. Menjauh dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari supaya mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan. Bila dilakukan beramai-ramai, manfaat camping bersama keluarga akan berlipat ganda. Bahkan untuk anak-anak sekalipun, berkemah membawa banyak faedah.

Manfaat Berkemah untuk Anak-anak

Kota Kembang dengan segudang kesenangan berwisata, juga menawarkan kesempatan untuk berkemah. Tempat camping di Bandung bisa menjadi rekomendasi dalam mencari destinasi liburan bermutu bersama keluarga. Anak-anak pun bisa diajak menginap di dalam tenda dengan memperhatikan beberapa hal.

Baca juga: Ini Dia Tempat Makan Lesehan Bandung dan Manfaatnya Duduk tanpa Kursi

Adapun manfaat berkemah untuk anak-anak di antaranya:

  1. Memperkuat Bonding

    Kompak berkegiatan dalam kurun waktu yang sama dan melakukan camping tentunya menyenangkan. Setelah anak- anak berjibaku dengan pelajaran di sekolah dan orang dewasa dengan aktivitas tugas masing-masing, berkemah bisa menjadi momentum, yakni menciptakan suasana yang lebih intim dan menjadi waktu berkualitas bersama keluarga. Sehingga ikatan emosional antar anggota keluarga pun semakin kuat. Kelak, saat hal ini menjadi kenangan, akan menjadi obat terbaik guna mengatasi tantangan kehidupan selanjutnya.

  2. Mempelajari Alam dan Budaya

    Camping memberikan kesempatan untuk belajar tentang alam, ekologi, dan keanekaragaman hayati. Berkemah di tempat-tempat yang berbeda juga bisa memberikan cakrawala baru. Mampu membuka pikiran dan memperluas pemahaman anak-anak tentang budaya dan lingkungan yang beragam.

  3. Melepaskan Stres

    Sejenak mengambil jeda dari rutinitas sehari-hari, camping dapat menjadi waktu untuk melepaskan stres dan menikmati ketenangan alami. Aktivitas di alam terbuka ini pun dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik untuk seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak. Apalagi bila diselipkan kegiatan seru seperti trekking, hiking, dan lainnya.

  4. Keterampilan Bertahan Hidup

    Dengan mengajak anak-anak camping, berarti  mereka telah mendapatkan pengalaman melakukan keterampilan bertahan hidup dasar. Seperti membangun tempat berteduh atau tenda, membuat api, serta mendapatkan makanan dan mengolahnya.Tentunya pada fase usia tertentu, anak-anak dapat belajar menjadi lebih mandiri dan percaya diri saat mereka terlibat dalam kegiatan tersebut. Mereka juga memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kemandirian serta menyelesaikan masalah sendiri.

  5. Mengurangi Ketergantungan pada Teknologi

    Tak bisa dipungkiri. Teknologi sudah menjadi bagian hidup manusia. Namun hal ini membawa beberapa efek buruk di berbagai segi kehidupan. Nah, camping memberikan kesempatan untuk menjauh dari teknologi dan fokus pada interaksi langsung antar anggota keluarga. Berkemah pun mengajarkan keluarga untuk menghargai kehidupan yang lebih sederhana, di luar kenyamanan modern. Dalam keterbatasan saat menginap di sebuah tenda, anak-anak akan excited meski  yang terjadi adalah hal-hal kecil.

Baca juga: 9 Fasilitas di Taman Wisata Bougenville Bandung, Cocok Buat Staycation

Tempat Camping Ramah Anak di Bandung

camping ramah anak, bandung,
Camping Site, Ranca Upas.

Bandung kota wisata, memiliki alam indah yang siap dinikmati. Dengan berkemah, suasana orisinil akan terasa. Wisata sambil menginap di luar ruangan pastilah menguntungkan. Apalagi bila dilakukan bersama keluarga. Namun, tak semua tempat berkemah di Bandung cocok untuk anak-anak. Ada banyak pertimbangan sebelum memilih mana yang cocok untuk semua anggota keluarga. Terutama anak-anak.

Berikut adalah rekomendasi pilihan tempat camping di Bandung untuk keluarga termasuk anak-anak:

  1. Ranca Upas
    camping ramah anak, ranca upas, bandung,
    Camping site, Ranca Upas, Bandung.

    Terletak di Ciwidey, Ranca Upas menyediakan area perkemahan yang nyaman dan memiliki kebun binatang kecil. Tepatnya di Jalan Raya Ciwidey – Patengan Nomor KM 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, bumi perkemahan ini ideal untuk keluarga. Terutama bagi yang ingin berkemah bersama sambil menikmati alam dan berkegiatan seru.

    Di Ranca Upas Camping Ground, berkemah tak perlu repot. Sebab terdapat persewaan peralatan camping yang bisa digunakan di tempat yang sama. Selain menginap di dalam tenda, anak-anak bisa ikut aktivitas camping ceria, outbound,memberi makan rusa, dan berendam di sauna.  Untuk masuk ke Ranca Upas Ciwidey, pengunjung cukup membayar Rp 22.000.

  2. The Lodge Maribaya
    camping ramah anak, the lodge maribaya, bandung,
    The Lodge Maribaya, Bandung.

    Anak-anak akan senang dengan nuansa mirip dunia dongeng di tempat camping untuk keluarga  Bandung ini. Berada di tengah hutan pinus yang segar dan rindang, mereka akan melihat tenda lucu berbentuk ujung botol berwarna oranye. Di dalamnya juga terdapat karpet warna senada. Hal ini membuat seolah menginap dan berkemah dengan para kawan fantasi.

    Terdapat dua pilihan tenda yakni dengan bed double dan satunya triple. Glamping di Bandung ini juga tak hanya memberikan pengalaman menginap. Anak-anak bisa juga merasakan sensasi berkegiatan di luar ruangan. Seperti memasak, bermain api unggun, bahkan menonton sendratari Sangkuriang yang jadwal pementasannya selalu rutin setiap Sabtu setelah matahari terbenam.

    Anak-anak boleh  bermain di playground yang disediakan. Pun bersama keluarga, bisa menghabiskan waktu penuh keakraban dengan menyantap hidangan di foodcourt pilihan. Segera saja datang ke alamat Jalan Maribaya Nomor 149/252 RT. 03/RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung. Lokasi ini juga dekat dengan beberapa destinasi wisata alam di Bandung loh. Seperti air terjun Maribaya dan curug-curug alami yang memenangkan hati.

  3. Taman Langit Pengalengan 360
    taman langit pangalengan, bandung,
    Taman Langit Pangalengan, Bandung.

    Tempat camping di Bandung ramah anak selanjutnya adalah Taman Langit Pangalengan 360. Sesuai namanya, di ketinggian 1670 mdpl, anak-anak bisa diajak menyaksikan pemandangan Pangalengan dari berbagai sudut hingga 360 derajat. Betapa hamparan kebun teh nanti hijau di sekelilingnya mampu menenangkan pikiran. Apalagi saat momen sunrise atau sunset tiba. Anak-anak bisa diajak bersyukur atas anugerah Tuhan berupa alam nan indah.

    Selain menikmati kebun teh, bila memandang ke arah Timur terlihatlah Kota Pangalengan, Danau Situ Cileunca, dan Gugusan Gunung Wayang. Di arah Selatan terdapat Perbukitan Teh Perkebunan Cukul, Pegunungan Garut Selatan, dan Garis Samudera Hindia Laut Selatan. Sedangkan di Utara nampak sebagian Kota Bandung, Pegunungan Bandung Utara. Terakhir, ada panorama gugusan Pegunungan Ciwidey dan Cianjur Selatan di sebelah barat.

    Taman Langit Pangalengan memiliki tipe camping yang beragam. Meliputi Camping Medium dengan tenda lebih lebar untuk keluarga, Private Camping di area khusus, dan  Sunrise Camping yang difokuskan untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Tiap tipe memiliki fasilitas dan area yang berbeda. Pilih yang sesuai dengan keinginan untuk menginap di camping ground Bandung yang beralamatkan di Puncak Mulya, Jalan Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung ini.

Baca juga: Membanggakan! Bandung Jadi Kota Kuliner Terbaik ASEAN

Bila liburan ini memutuskan untuk berkemah bersama keluarga, cobalah memilih tempat camping ramah anak di Bandung sesuai kriteria. Karena dengan mempertimbangkan hal ini, anak-anak dan anggota keluarga lainnya akan mendapatkan manfaatnya.

0 comments on “3 Rekomendasi Tempat Camping Ramah Anak di Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.