jenis makanan atau minuman yang disukai untuk berbuka puasa
Lifestyle

6 Jajanan Favorit Buka Puasa, Ada Juga yang Menyehatkan

Berikut kumpulan jajanan favorit buka puasa. Setuju?

Adzan Maghrib menjadi yang paling ditunggu bagi setiap yang berpuasa. Setelah menahan diri untuk tidak makan dan minum selama seharian, inilah waktu yang tepat mengakhiri masa puasa dengan bijak. Kawanjo bisa memilih jenis jajanan favorit buka puasa. Sebagai apresiasi telah menahan lapar dan haus seharian.

Manfaat Berbuka Puasa

Ternyata berbuka puasa adalah hal yang dianjurkan untuk dilakukan. Karena ini membawa manfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi bila disegerakan dan tidak ditunda. Kawanjo bisa mengawalinya dengan takjil buka puasa terlebih dahulu.

Berbuka puasa di awal waktu tanpa menunda ternyata bermanfaat untuk badan. Dengan makanan berbuka puasa yang sehat, Kawanjo bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Yang pertama adalah mengurangi resiko dehidrasi. Sebab seharian sudah menahan untuk tidak minum dan makan, maka saat sudah terdengar adzan maghrib, tubuh harus segera diberi cairan. Dengan menyantap makanan dan minuman berbuka puasa di awal waktu.

Selanjutnya, manfaat menyegerakan berbuka puasa lainnya adalah menghindari  gangguan organ lambung. Apalagi bagi penderita sakit maag. Asal jangan berlebihan. Karena justru bisa menggangu pencernaan. Berbuka puasa juga berfungsi untuk menghindari hipoglikemia (kadar gula turun).

Baca Juga : Cimory Dairyland Bogor, Pilihan Tepat Tempat Wisata Bersama Anak di Bulan Ramadhan

Jajanan Favorit Buka Puasa

Jajanan Favorit Buka Puasa, jenis makanan atau minuman yang disukai untuk berbuka puasa
Jajanan Favorit Buka Puasa

Setelah mengetahui manfaatnya, Kawanjo pasti semakin mantap untuk menyegerakan berbuka puasa. Pilihlah jenis makanan yang baik untuk buka puasa. Begitupun dengan minumannya. Meskipun pasti terasa segar, hal yang berlebihan itu justru bisa mendatangkan keburukan.

Jajanan favorit buka puasa pun beragam. Tergantung selera dan keinginan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Kolak
Jajanan Favorit Buka Puasa, rekomendasi  makanan berbuka puasa Kolak
Kolak selalu jadi jajanan favorit buka puasa.

Terbuat dari kuah santan dengan isian beragam, kolak sangat digemari di bulan ramadan. Terasa manis dan sedikit gurih, kuah santan ada yang ditambah gula pasir ataupun gula jawa atau aren. 

Aneka isian bisa jadi kombinasi. Namun kebanyakan menggunakan pisang, baik jenis raja maupun kepok. Kemudian ditambah singkong, ketela rambat, atau labu kuning. Ada pula yang dicampur dengan kacang hijau rebus atau tape singkong. Mengawali berbuka dengan semangkuk kolak bisa mengembalikan tenaga yang hilang. Setelah seharian tidak makan dan minum.

  1. Gorengan
Jajanan Favorit Buka Puasa, makanan atau minuman yang disukai untuk berbuka puasa Gorengan
Gorengan juga demikian, selalu jadi jajanan favorit buka puasa.

Takjil yang sering dijumpai di pinggir jalan ini juga merupakan jenis makanan atau minuman yang disukai untuk berbuka puasa. Mulai dari bakwan goreng, tahu isi, pisang goreng, dan lainnya. Benar-benar makanan sejuta umat, banyak sekali yang menggemarinya.

Meski banyak yang menjual, disarankan agar Kawanjo membuatnya sendiri di rumah. Supaya bisa mengatur nutrisi, kebersihan, dan porsinya. Termasuk di dalamnya adalah kadar minyak goreng yang digunakan. Sehingga gorengan yang tersedia bisa jadi santapan sehat untuk berbuka.

Baca Juga : Ramadhan Tiba, Yuk Coba Kuliner Unik dari Palangka Raya!

  1. Bubur sumsum
Jajanan Favorit Buka Puasa, makanan untuk berbuka Bubur sumsum
Makanan untuk berbuka Bubur sumsum

Terbuat dari tepung beras dan santan, bubur sumsum sangat lembut bila masuk ke mulut. Sebagai pelengkap biasanya ditambahkan kinca atau gula merah cair.

Bubur sumsum juga bisa dipadukan dengan bubur mutiara, kolak biji salak, atau berbagai jenis bubur lainnya. Kesemuanya mampu menjadi hadiah atas keberhasilan berpuasa di siang hari.

  1. Salad
Jajanan Favorit Buka Puasa, Salad untuk berbuka puasa
Salad untuk berbuka puasa

Penyuka sayur dan buah segar pasti menjadikan salad sebagai menu buka puasa yang enak. Apalagi jika disantap saat dalam keadaan dingin. Hmm… So yummy!

Makanan yang terdiri dari sayuran atau buah segar ini semakin lezat dengan tambahan dressing. Seperti mayonaise, bumbu kacang, keju, dan lainnya sesuai selera.

  1. Es Campur
Jajanan Favorit Buka Puasa, rekomendasi minuman untuk berbuka puasa Es Campur
rekomendasi minuman untuk berbuka puasa Es Campur

Menu buka puasa es campur adalah minuman khas Indonesia. Cara membuatnya adalah dengan mencampur bahan-bahan ke dalam air atau santan yang telah dicampur sirup. 

Ada banyak macam es campur dari berbagai daerah di Indonesia. Semuanya membawa ciri khas yang bisa membedakan antara satu minuman khas berbuka puasa ini dengan es campur lainnya. Misal ada es campur Medan yang memiliki campuran kacang merah, sagu, biji delima di dalamnya. Atau es campur Jakarta yang di dalamnya ada serutan kelapa dan tape singkong.

Baca Juga : 5 Kuliner Ramadhan Khas Pontianak, Ide Jualan Takjil Bisa Banjir Cuan

  1. Jajanan Pasar
Jajanan Favorit Buka Puasa, Jajanan Pasar untuk berbuka puasa
Jajanan Pasar untuk berbuka puasa

Meski digempur mainan modern yang serba fast food, jajanan pasar tetap jadi idola. Jenis kue tradisional Indonesia ini adalah yang biasanya ditemui di pasar tradisional. Atau bisa dibilang awalnya dijual di pasar. 

Namun sekarang jajanan pasar juga bisa ditemui di mall besar ataupun market place. Sebab keberadaannya melambangkan keluhuran budaya masing-masing daerah asalnya. Sehingga justru bisa jadi unggulan yang akan dicari bila ada turis asing ataupun luar daerah yang berkunjung. 

Jajanan pasar untuk berbuka puasa misalnya serabih, onde-onde, bakwan, kue lumpur, dan lainnya menjadi buruan sebagai  jenis makanan atau minuman yang disukai saat ramadan.

Beruntunglah bagi Kawanjo yang menjalani puasa ramadan di tanah Indonesia. Sebab ada beragam jenis makanan atau minuman yang disukai untuk berbuka puasa. Tinggal pilih yang dimau, mulai dari yang segar hingga yang tradisional. Disamping sebagai apresiasi telah berpuasa seharian, berbuka puasa juga bermanfaat untuk kesehatan loh!

0 comments on “6 Jajanan Favorit Buka Puasa, Ada Juga yang Menyehatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.