Museum Terbaik Di Indonesia
Local Experiences

Museum Terbaik Wajib Kunjung Di Indonesia

Ayo kunjungi museum-museum terbaik di Indonesia

Salah satu tujuan destinasi wisata yang laris dikunjungi saat musim liburan adalah museum. Berlibur ke museum tak hanya bisa merefresh pikiran dan kejenuhan dari rutinitas, tapi juga bisa menambah wawasan. Hingga saat ini tercatat Indonesia memiliki sebanyak 439 museum, dari banyaknya museum di Indonesia, berikut beberapa museum terbaik yang wajib kamu kunjungi.

1. Museum Angkut-Batu

Museum Angkut - Batu
Koleksi mobil dari Museum Angkut keren-keren banget kan

Museum Angkut merupakan  museum  transportasi dan tempat wisata modern yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Museum Angkut dikenal dengan koleksi transportasinya, baik di Indonesia maupun dunia. Kamu bisa temui berbagai macam transportasi mulai dari sepeda, mobil, kapal, hingga pesawat. Museum Angkut digadang-gadang sebagai museum transportasi pertama dan terbesar di seluruh Asia Tenggara. Saat berkunjung kesini kamu juga harus sabar, karena antrian dari Museum Angkut cukup panjang.

Baca Juga : 4 Museum Kereta Api Ini Wajib Kawanjo Kunjungi

2. Museum Nasional Indonesia-Jakarta

Museum Nasional Indonesia
Museum Nasional Indonesia identik dengan ikon patung gajah, karena itu museum ini juga disebut dengan Museum Gajah

Museum Nasional Indonesia berlokasi di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Jakarta Pusat.  Museum  yang berada di pusat kota ini merupaka museum terbesar di Indonesia. Museum bergaya Eropa ini menyimpan sekitar 141 ribu benda-benda sejarah dan prasejarah dari berbagai periode.

Museum ini juga dikenal dengan  Museum Gajah, karena adanya patung gajah perunggu pemberian Raja Chulalongkorn dari Thailand pada tahun 1871. Dijamin kamu pasti akan dapat banyak pengetahuan baru saat berkunjung ke museum ini.

3. Museum Fatahillah-Jakarta

Museum Fatahillah

Museum yang berlokasi di Jakarta Barat ini memiliki nama  resmi Museum Sejarah Jakarta dengan luas 1.300 meter2. Museum ini awalnya adalah Balai Kota Batavia yang dibangun saat pemerintahan Belanda. Pada 30 Maret 1974, gedung ini beralih fungsi menjadi sebuah museum yang  berisi benda-benda peninggalan pada masa pemerintahan belanda di Indonesia.

Total sebanyak 23.500 benda bersejarah disimpan di museum ini baik dalam bentuk asli maupun replika. Museum Fatahillah juga dikelilingi oleh museum-museum lainnya yang masih berada di Kawasan Taman Fatahillah, kamu pasti akan puas berlibur saat datang ke tempat ini.

4. The Blanco Renaissance Museum-Ubud

Museum Blanco
Interior khas Bali di Museum Blanco ini sangat terasa

The Blanco Renaissance Museum ini berlokasi di Bali, yang di bangun oleh Antonio Blanco yang merupakan seorang pelukis keturunan Amerika dan Spanyol. Kamu bisa menemukan sejarah perjalanan seni Antonio Blanco, serta studio,galeri, took souvenir, perpustakaan, kafe dan kuil keluarga Blanco.

Saat kamu berkunjung ke museum ini, kamu akan disambut dengan rumah khas Bali yang eksotis. Museum ini berada di atas bukit dengan udara khas Ubud yang bisa menyegarkan para pengunjungnya sambil melihat karya seni.

5. Museum Ullen Sentalu- Yogyakarta

Museum Ullen
Museum ini menampilkan budaya dari Jawa Kuno

Museum Ullen  Sentalu merupakan museum yang diprakarsai oleh keluarga Haryono dibawah payung Ulating Blencong. Museum ini terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta yang menampilkan budaya serta peninggalan Jawa Kuno dari para bangsawan semasa Dinasti Mataram. Nama Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa “ulating blencong sejatine tataraning lumaku” yang artinya “nyala lampu blencong (wayang kulit) merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan” 

6. Museum  Tsunami-Aceh

Museum tsunami Aceh
Desain arsitektur dari Museum ini bisa bikin kamu terkagum-kagum

Museum ini dibangun sebagai bentuk simbolis dan rasa hormat atas kejiadian bencana gempa bumi dan tsunami Aceh pada tahun 2004 lalu. Museum ini juga menjadi pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat jika terjadi bencana serupa lagi. Museum ini dirancang oleh Ridwan Kamil  yang di dalamnya memiliki ruangan ditujukan untuk menghormati para korban tsunami dengan memajang nama mereka di seluruh dinding.

7. Museum House of Sampoerna-Surabaya

Museum Sampoerna

Museum House of Sampoerna berlokasi di Surabaya dan dibangun pada tahun 1858 yang kemudian dibeli oleh Liem Seeng Tee pada tahun 1932 untuk dijadikan tempat produksi rokok pertama PT. Sampoerna. Museum ini menawarkan pengalaman yang unik bagi pengunjungnya, dimana kamu bisa melihat langsung pembuatan rokok yang masih dilakukan secara manual dalam produksi rokok Dji Sam Soe melalui kaca.

Selain berbagai museum terbaik di atas, tentu masih banyak lagi museum-museum  yang juga menawarkan pengalaman dan wawasan yang tak kalah hebatnya. Bagaimana? Kawanjo tertarik tidak untuk menjelajahi museum-museum yang ada di Indonesia? Jangan lupa untuk cek destinasi wisata lainnya di sini ya!

Baca Juga : 4 Tempat Lokasi Vaksinasi COVID-19 Unik, Mulai Dari Kastel Drakula Sampai Pantai di Indonesia

Penulis : Rahma Mutiara

0 comments on “Museum Terbaik Wajib Kunjung Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.