Pesta rakyat Labuan Bajo 2023
Local Experiences

Pesta Rakyat Labuan Bajo 2023, Bikin Peserta KTT ASEAN Ketagihan Berwisata di Indonesia Saja

Pesta rakyat Labuan Bajo 2023 ini bentukkannya street carnival dan bakal menjadi pesta rakyat yang meriah.

Ini kali kelima Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT ASEAN. Sebuah kebanggaan pastinya, karena para tamu dari anggota perhimpunan bangsa-bangsa di Asia Tenggara ini akan datang dan berdinamika bersama di Nusantara. Namun jangan salah. Perhelatan ini bukan hanya tentang organisasi geopolitik dan ekonomi. Ada sebuah pesta rakyat Labuan Bajo 2023, yang mendukung dan memeriahkan KTT ASEAN SUMMIT.

Tujuan Pesta Rakyat Labuan Bajo 2023

Tujuan Pesta Rakyat Labuan Bajo 2023
Tujuan Pesta Rakyat Labuan Bajo 2023

KTT ASEAN adalah pertemuan pemimpin dan staf dari negara-negara yang berada di wilayah Asia Tenggara. Perhelatan ini berhubungan dengan perkembangan ekonomi dan budaya antar negara anggota. Selain Indonesia sebagai tuan rumah, akan hadir juga kepala negara serta delegasi anggota ASEAN lainnya. Yaitu Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Kamboja, Laos, dan Myanmar. 

Pada tahun 2023 ini, Indonesia mengambil lokasi Labuan Bajo sebagai tempat penyelenggaraan KTT ASEAN. Adapun waktu pelaksanaannya adalah tanggal 9-11 Mei 2023. Sebuah gawe besar bagi seluruh bangsa Indonesia. Karena dengan kedatangan tamu-tamu penting dari luar negeri, terciptalah peluang mempromosikan potensi Nusantara. 

Baca Juga : Uang 1,4 Juta Bisa One Day Trip Labuan Bajo? Let’s Go!

Harapannya, para tokoh penting tiap negara tersebut akan mendapatkan kesan mendalam selama berada di Indonesia, khususnya Labuan Bajo. Sehingga bisa mengabarkan kepada warganya untuk berkenan datang dan berwisata ke sini. Maka, ketika sektor pariwisata meningkat, lapangan pekerjaan dan peluang usaha akan turut berkembang.

Nah, inilah wujud keikutsertaan masyarakat dalam mensukseskan ASEAN SUMMIT 2023 Labuan Bajo. Sebuah acara dikemas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), juga Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Bertajuk Labuan Bajo Street Carnival atau Pesta Rakyat Labuan Bajo 2023. 

Tak kalah dengan gawe utama yaitu ASEAN, Pesta Rakyat Labuan Bajo ini juga memiliki tujuan mulia. Mengajak masyarakat dengan  kearifan lokalnya serta mendukung para pelaku parekraf di Labuan Bajo, untuk ambil bagian dalam gelaran KTT ASEAN 2023.

Jadwal Pesta Rakyat Labuan Bajo 

Jadwal Pesta Rakyat Labuan Bajo
Jadwal Pesta Rakyat Labuan Bajo

Labuan Bajo Street Carnival 2023 menjadi pesta rakyat yang meriah. Menunjukkan bahwa ASEAN Labuan Bajo tak hanya milik para petinggi bangsa. Masyarakat juga terlibat aktif menyambut dan menjamu tamu-tamu penting.

Berbagai agenda acara dilaksanakan, juga bermanfaat untuk mempromosikan potensi Labuan Bajo. Dimana daerah ini telah menjadi destinasi wisata super prioritas

Berlangsung pada hari Minggu, tanggal 7 Mei 2023, Pesta Rakyat Labuan Bajo dihelat di lapangan Wae Kesambi. Beralamatkan di Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, venue event besar ini dekat dengan beberapa spot wisata di Labuan Bajo. Seperti Batu Cermin, pasar Wae Kesambi, bukit Amelia, dan lainnya. Lapangan sepak bola terbesar di Labuan Bajo tersebut juga dekat dengan bandara Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga : Layaknya Alam Fantasi, Wisata di Pantai Pink Labuan Bajo

Aktivitas Menarik di Pesta Rakyat Labuan Bajo 2023

Aktivitas Menarik di Pesta Rakyat Labuan Bajo 2023
Aktivitas Menarik di Pesta Rakyat Labuan Bajo 2023

Pantas saja antusiasme masyarakat terpantik. Pesta Rakyat Labuan Bajo ini menghadirkan pertunjukan musik dan budaya, bazar kuliner, serta fashion show. Side event KTT ASEAN ini pun didukung oleh UMKM lokal. Juga ekosistem kreatif yang ada di Labuan Bajo. Seperti seniman, sanggar budaya lokal setempat, hingga para pelajar.

Dalam Pesta Rakyat Labuan Bajo 2023 ada beberapa kegiatan menarik yang bisa disaksikan. Jangan ragu untuk ambil bagian dalam: 

  1. Street Carnival

Ruas jalan di Labuan Bajo menjadi semakin meriah dengan parade karnaval. Dimana di dalamnya terlihat antusiasme masyarakat luas dalam menampilkan budaya lokal. Termasuk di dalamnya adalah  drumband.

  1. Creative Economy Exhibition

Terdapat bazar yang mendukung pertumbuhan jenama ekonomi kreatif dari Labuan Bajo. Terdapat sekitar 40 UMKM terpilih yang meramaikan pesta rakyat ini. Terdiri dari produk parekraf lokal. Seperti produk kuliner lokal kopi dan gula rebok, tenun, serta produk kerajinan tangan lainnya.

Baca Juga : Trip Murah 3 Hari Jelajah Labuan Bajo Nggak Sampai Rp2,5 juta!

  1. Food Truck and Food Tenant

Menikmati suguhan atraksi, baiknya sambil makan. Perut lapar bisa segera teratasi, minuman segar bisa menghapus dahaga dengan pasti. Ya, khusus untuk gelaran Pesta Rakyat Labuan Bajo 2023, ada lebih dari 12 pelaku kuliner yang menjajakan produknya.  

  1. Music and Art Performance

Tak ketinggalan, ada pertunjukan musik dari artis lokal hingga nasional dengan lintas genre. Dari reggae, hip-hop, hingga EDM. Salah satunya adalah MukaRakat. Sebuah grup musik rap asal Indonesia yang menjadi nominasi dalam Anugerah Musik Indonesia 2022. Untuk kategori Duo/Grup/Kolaborasi Rap/Hip-hop Terbaik. 

Pesta Rakyat Labuan Bajo 2023 berhasil menjalankan fungsinya sebagai side event KTT ASEAN SUMMIT. Event ini berusaha melibatkan masyarakat lokal dalam pelaksanaan acara internasional. Sehingga acara ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekitar. Termasuk di dalamnya adalah perkembangan dunia pariwisata di Labuan Bajo.

0 comments on “Pesta Rakyat Labuan Bajo 2023, Bikin Peserta KTT ASEAN Ketagihan Berwisata di Indonesia Saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.