Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang
Local Experiences

6 Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang, Wajib Coba Semuanya! 

Salad memang identik dengan makanan benua Eropa. Namun kuliner Nusantara memiliki sajian serupa, tak kalah lezat dan bergizi lengkap. Sebagian besar adalah salad Indonesia yang menggunakan saus kacang.

Salad memang identik dengan makanan benua Eropa. Namun kuliner Nusantara memiliki sajian serupa, tak kalah lezat dan bergizi lengkap. Sebagian besar adalah salad Indonesia yang menggunakan saus kacang. Memberikan cita rasa otentik yang khas dan memiliki banyak penggemar dari segala penjuru negeri dan dunia.

Salad Eropa dan salad Indonesia sama-sama menggunakan buah atau sayuran sebagai bahan utama dan menambahkan saus atau dressing untuk memberikan rasa khas. Kedua jenis salad ini sering kali dikonsumsi sebagai hidangan pembuka atau sebagai hidangan utama, tergantung pada isinya dan kebiasaan lokal.

Salad khas Indonesia tersebar dari berbagai daerah. Mengingat negeri ini beriklim tropis sehingga hasil bumi berupa sayur mayur sangatlah melimpah. Melalui tangan-tangan mulia, tercipta macam-macam salad Indonesia yang memiliki ciri khas sendiri-sendiri.

Jenis Salad Khas Indonesia

Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang
Jenis Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang

Ada karedok dari Jawa Barat dan trancam dari Jawa Tengah yang menggunakan sayuran mentah. Bedanya karedok menggunakan sambal kacang sedangkan salad Indonesia yang dihidangkan segar mentah adalah terancam ini menyertakan parutan kelapa muda. Selain karedok, ada juga gado-gado dan ketoprak khas Betawi yang menggunakan sambal kacang. Begitu juga pecel maupun rujak cingur Surabaya. Sambal pecel memiliki ciri khas aroma kencur sedangkan rujak cingur menyertakan petis untuk menambah cita rasa.

Baca Juga : 5 Khasiat Buah Senna untuk Tubuh Tetap Fit dan Anti Sembelit

Pengertian Saus Kacang

Makanan yang satu ini sangatlah populer dalam khazanah kuliner Indonesia. Yakni saus berbumbu dengan bahan dari kacang tanah goreng yang digiling dan dihaluskan. Disebut sambal kacang apabila diberi tambahan cabe sampai terasa pedas. Bumbu kacang ini kemudian dibubuhkan pada bahan utama.

Ternyata saus kacang juga populer sebagai bahan celup seperti ketika menyantap ketan atau otak-otak. Saus kacang juga digunakan untuk memanggang daging atau masakan hot pot juga olahan mie seperti pada masakan China.

Sebagai keunggulan kuliner Indonesia, bumbu kacang tanah sangatlah beragam. Kesemuanya dikombinasikan dengan bumbu-bumbu yang pas. Sehingga menciptakan cita rasa yang khas untuk masing-masing masakan.

Berbagai macam salad khas Indonesia dengan bumbu kacang memberikan sensasi unik di lidah. Kesegaran sayur atau buah dipoles dengan rasa masing-masing sambal kacang yang dibubuhkan. Bikin ketagihan pastinya.

Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang 

Ada banyak ragam salad Indonesia dengan saus kacang. Diantaranya:

  1. Ketoprak
    Jenis Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang Ketoprak
    Jenis Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang Ketoprak

    Ketoprak berasal dari daerah Jakarta. Namun makanan ini juga banyak dijumpai di Cirebon dan kota lainnya di Jawa Barat. Bahan yang digunakan dalam seporsi ketoprak adalah ketupat, tahu goreng setengah matang, tauge, bihun yang diguyur dengan saus kacang. Supaya lebih nikmat, diberi tambahan kecap manis, bawang goreng, dan kerupuk.

  2. Gado-gado
    Jenis Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang Gado-gado
    Jenis Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang Gado-gado

    Mirip dengan ketoprak, gado-gado juga menggunakan tauge dan sayuran lainnya. Seperti wortel, kentang, kangkung yang direbus. Terkadang menyertakan selada mentah juga. Jangan lupa telur kukus, emping melinjo, dan sambal kacang tanpa kecap. Yang membedakan dari ketoprak adalah gado-gado tidak menggunakan ketupat tapi lontong.

  3. Lotek
    Jenis Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang Lotek
    Jenis Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang Lotek

    Makanan khas Sunda ini mirip gado-gado. Yang membedakan adalah bahan membuat sambal kacangnya, ditambahkan bawang putih, terasi, dan gula merah. Adapun rasa bumbu kacang milik lotek lebih manis dibandingkan dengan gado-gado.

  4. Karedok
    Jenis Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang Karedok
    Jenis Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang Karedok

    Sama-sama makanan dari Sunda, karedok adalah versi mentah dari lotek. Sayur mayur yang digunakan tak perlu direbus terlebih dahulu. Seperti tauge, kol, kacang panjang, mentimun, ubi, labu siam, terong atau leunca, plus daun kemangi. Lebih spesial dengan tambahan berupa oncom. Sedangkan bumbu kacang karedok memiliki ciri khas berupa penggunaan kencur, terasi, dan gula aren.

  5. Pecel
    Jenis Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang Pecel
    Jenis Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang Pecel

    Inilah makanan sejuta umat di Indonesia. Ada beragam macam pecel dari berbagai daerah. Biasanya penamaan menunjukkan darimana asalnya. Seperti pecel Kediri, pecel Madiun, dan lain sebagainya. Pecel dengan sayur mayur rebus dan sambal kacang lezat ini juga dikombinasikan dengan makanan lain. Seperti pecel rawon atau pecel soto.

  6. Rujak Cingur
    Jenis Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang Rujak Cingur
    Jenis Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang Rujak Cingur

    Pembuatan rujak cingur ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Kemendikbudristek pada 2021. Makanan ikonik Surabaya ini memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat. Dengan cita rasa khas dari sambal kacang yang dicampur petis udang, sayur mayur dan buah-buahan serta cingur atau mulut sapi mampu memuaskan penikmatnya.

Baca Juga: Ciri Khas Soto Betawi, Ada Bahan Tambahan yang Bikin Creamy!

Tak kalah dengan Eropa, salad Indonesia yang menggunakan saus kacang juga banyak penggemarnya. Sayuran dan buah-buahan terasa makin segar dengan tambahan kacang goreng yang dihaluskan dan ditambah bumbu lainnya. Ada banyak ragamnya, bisa jadi Kawanjo akan menggemari semuanya!

0 comments on “6 Salad Indonesia yang Menggunakan Saus Kacang, Wajib Coba Semuanya! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.