Wahana Taman Bunga Nusantara
Local Experiences

9 Wahana Taman Bunga Nusantara, Agrowisata Nasional Berskala Internasional 

Taman Bunga Nusantara sebagai display koleksi tanaman memang layak menjadi idola di ranah nasional maupun internasional

Yang lagi berbunga-bunga, atau yang suka menikmati bunga, liburan ini bisa datang ke Taman Bunga Nusantara! Yakni satu tempat wisata di Cianjur yang memiliki banyak sekali jenis flora di dalamnya. Ditata sedemikian rupa, sehingga bisa jadi tujuan wisata yang memberikan pengalaman tak terlupakan. Apalagi dengan menjelajahi satu persatu 

Deskripsi Taman Bunga Nusantara

Deskripsi Taman Bunga Nusantara

Tanaman berbunga mewujudkan kasih sayang untuk orang-orang tercinta. Bunga juga bisa melambangkan kecantikan dan keelokan paras. Maka tak salah banyak yang menyukai bunga. Tak hanya kaum hawa, pengoleksi tanaman berbunga juga dari kalangan kaum adam.

Taman Bunga Nusantara hadir sebagai display koleksi bunga berbagai jenis. Ragam flora yang ada di sini berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Dengan banyaknya varietas tanaman, wisata yang lagi viral di Cianjur ini bisa disebut sebagai tempat tumbuhnya bunga-bunga dari seluruh penjuru dunia. Mulai dari Amerika Selatan, Australia, Afrika, juga Asia.

Baca Juga : Family Trip Bali, Cuma 2,5 Jutaan Aja!

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Sejarah Taman Bunga Nusantara
Sejarah Taman Bunga Nusantara

Sejak tahun 1992, ibu Suhardani Bustanil Arifin, pemrakarsa sekaligus Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara beserta anggota lainnya mulai merintis pembangunan taman ini. Hingga pada tahun 1995, ibu Tien Soeharto meresmikannya sebagai salah satu tujuan wisata edukasi lingkungan hidup.

Adapun tujuan utama pembangunan taman ini adalah untuk membuat agrowisata nasional berskala internasional. menciptakan Taman Bunga Nusantara sebagai salah satu aset agrowisata nasional dengan skala internasional. Hal ini ditunjukkan dengan wahana Taman Bunga Nusantara yang memakai nama negara di dunia. Seperti Taman Perancis, Taman Gaya Jepang, dan lain sebagainya.

Alamat Taman Bunga Nusantara Bogor 

Alamat Taman Bunga Nusantara Bogor 
Alamat Taman Bunga Nusantara Bogor 

Dengan luas 35 hektar, Taman Bunga Nusantara terletak di antara dua desa yaitu, Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur dengan Sukawangi, Sukamakmur, Jonggol. Lokasinya berada di dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor. Hanya butuh jarak tempuh sekitar 2,5 – 3 jam perjalanan dari Jakarta.

Lahan Taman Bunga Nusantara Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dibagi jadi beberapa bagian. Yakni 23 hektar diisi bunga dan berbagai pohon berbunga, 2 hektar untuk lahan pembibitan, 3 hektar untuk villa Saung Nini dan Saung Aki serta sebuah restoran juga ruang pertemuan, dan 7 hektar untuk taman bermain anak.

Berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan laut, suhu rata-rata harian di taman ini adalah 200 derajat celcius sampai dengan 260 derajat celcius. Pantas bila banyak yang betah berlama-lama memandang beragam koleksi bunga nan cantik.

Baca Juga : Yuk Kunjungi Wisata Taman Bunga di Tomohon

Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara 2023

Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara 2023
Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara 2023

Sedang trending di mesin pencarian, Taman Bunga Nusantara memang cocok untuk dijadikan destinasi liburan pelepas penat. Alamnya yang indah membantu merefresh jiwa raga. Keberadaan bunga dan tumbuhan lainnya pun jadi media edukasi tersendiri. Sedangkan, bagi para penghobi selfie, di sinilah surganya! 

Apalagi dengan keberadaan fasilitas serta wahana Taman Bunga Nusantara, berlibur jadi semakin menyenangkan. Ditambah dengan tiket masuk yang terjangkau, yaitu hanya Rp 40.000. 

Ada biaya tambahan bila ingin menggunakan fasilitas. Seperti Dotto Trains Rp 50.000, Garden Tram Rp 50.000, Wira Wiri Rp 5000, masuk Rumah Kaca Rp 5000, masuk Maze Garden Rp 1000. 

Di samping itu, ada juga tarif parkir yang harus dibayarkan. Untuk motor Rp 10.000, mobil Rp 15.000, minibus Rp 20.000, dan bus Rp 25.000.

Wahana Taman Bunga Nusantara
Wahana Taman Bunga Nusantara
Koleksi foto estetik di tengah hamparan bunga.

Siap-siap terpana bila sudah masuk ke lokasi Taman Bunga Nusantara. Melihat betapa banyaknya jenis tanaman yang tertata rapi sesuai dengan pembagian konsepnya. Taman Bunga Nusantara sebagai display koleksi tanaman memang layak menjadi idola di ranah nasional maupun internasional.

Baca Juga: Hilangkan Penat di Taman Bunga Celosia Semarang

Yuk simak ada wahana apa saja di dalamnya!

  1. Taman Gaya Jepang

Mengambil konsep relaksasi yang identik dengan penduduk negeri sakura, wahana taman gaya Jepang memang menenangkan. Terdapat tanaman, bebatuan, hingga kolam yang membawa vibes ala Jepang. Cocok sebagai lokasi istirahat atau refreshing terbaik.

  1. Taman Perancis

Beda lagi dengan wahana lainnya. Nama Perancis diusung guna menegaskan konsep Renaissance yang digunakan. Terdapat tanaman perdu yang dipangkas menjadi bentuk geometri tertentu. Sehingga bisa menjadi bingkai untuk tumbuhan warna-warni. Terlihat sangat rapi dan serasi penuh keindahan.

  1. Taman Mediterania

Keunikan dari wahana Taman Bunga Nusantara selanjutnya adalah adanya hamparan batu dan pasir putih khas pantai Mediterania. Terdapat juga rumah kaca dengan interior nuansa padang pasir. Adapun yang dipajang di salah satu wahana Taman Bunga Nusantara ini adalah berbagai jenis tanaman kaktus.

  1. Taman Bali

Puas berkeliling ke taman bernuansa internasional, saatnya ke taman Bali. Salah satu wahana Taman Bunga Nusantara Cianjur Jawa Barat yang mirip sekali dengan nuansa pulau Dewata. Di sini akan nampak ornamen-ornamen khas Bali seperti patung, ukiran, bangunan, dan tentunya tanaman seperti kamboja, bunga sepatu, dan helikonia. Terdapat juga miniatur Candi Bentar, Bale Kul Kul, dan Bale Bengong yang bisa digunakan untuk selfie.

  1.  Taman Air

Jangan heran. Di Taman Bunga Nusantara juga memiliki koleksi tanaman air.  Ya, di wisata Puncak Bogor ini ada banyak ragam tanaman air. Seperti Teratai Raksasa dari Amerika Selatan, Lotus dari Asia Timur dan Australia, Papyrus Cyperus dari Mesir dan masih banyak lagi.

  1. Garden Maze

Jika ingin sedikit menaikkan adrenalin, cobalah menyelesaikan tantangan di labirin raksasa ini. Ya, masuk ke taman dengan tumbuhan berkelok-kelok ini harus berbekal peta supaya tak tersesat dan sulit untuk keluar.

  1. Rumah Kaca

Tak kalah menarik, rumah kaca menyuguhkan koleksi tanaman unik. Yaitu tanaman yang sulit hidup di iklim ekstrim. Karena tidak tahan terkena air hujan deras ataupun sinar matahari yang menyengat. Kebanyakan tanaman ini berasal dari negara dengan empat musim. Karena itu, di dalam rumah kaca ini terdapat pengaturan kelembapan, suhu, dan intesitas cahaya.

  1. Menara Pandang

Menara pandang adalah bangunan 3 lantai yang digunakan untuk menikmati penampilan Taman Bunga Nusantara dengan point of view yang berbeda. Dari  ketinggian 29 meter di atas permukaan tanah, nampak pemandangan taman bunga secara menyeluruh. 

  1.  Kendaraan Operasional

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, Taman Bunga Nusantara menyediakan beberapa kendaraan yang beroperasi di area wisata. Ada Dotto Trains yang mampu menampung penumpang hingga 50 orang. Ada juga Garden Tram dengan kapasitas 20 orang. Terakhir adalah Wira Wiri, kendaraan terbuka dengan kapasitas 14 orang. Di mana kendaraan ini akan memberikan informasi mengenai Taman Bunga Nusantara selama perjalanan mengelilingi area.

Ada banyak lagi Wahana lainnya. Selain yang paling menarik di atas pastinya. Hal ini memberikan gambaran seberapa mengasyikkan nge-trip di agrowisata kota Cianjur yang berskala internasional ini. 

0 comments on “9 Wahana Taman Bunga Nusantara, Agrowisata Nasional Berskala Internasional 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.