Wisata Waduk Siman Pare Kediri
Local Experiences

Wisata Waduk Siman Pare Kediri dan 5 Aktivitas Serunya

Tak hanya bisa menonton Upacara Melasti, masih ada deretan aktivitas seru di wisata Waduk Siman Pare Kediri.

Menyaksikan gagahnya Gunung Kelud paling pas dari tempat ini. Danau indah di hadapan, pun sanggup menenangkan hati. Mana lagi kalau bukan di tempat wisata Waduk Siman Pare Kediri. Dijamin rasa bosan dan stres spontan pergi.

Wisata Waduk Siman Pare Kediri
Wisata Waduk Siman Pare Kediri

Waduk Siman Pare Kediri terbentuk setelah Gunung Kelud meletus, kemudian dilakukan pengerukan. Di celah besar yang dihasilkan itulah kemudian menjadi danau buatan alias Waduk Siman. Gunanya adalah untuk irigasi sawah milik para warga. Waduk Siman Pare ini mengairi hampir 23.000 lahan pertanian di kota Kediri. 

Tak hanya itu, wisata Waduk Siman Pare Kediri ini juga menjadi sumber PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) Siman. Jaraknya kurang lebih 800 meter dari waduk. Maka, keberadaan waduk Siman Pare menjadi penting bagi masyarakat sekitar.

Karena pemandangan di sini sangatlah indah, banyak orang yang datang. Mereka senang berlama-lama duduk menikmati eloknya lukisan Tuhan. Ditambah hawa yang sejuk, Waduk Siman Pare Kediri lambat laun jadi destinasi wisata favorit. Apalagi ada salah satu penyanyi papan artis Indonesia yang membuat video klip di sini. Keindahan Waduk Siman pun terekspos dan dapat dikabarkan lebih luas. Maka, semakin ramailah pengunjung di waduk ini.

Baca Juga : Koleksi Cerita Seru Lewat Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

Lokasi Wisata Waduk Siman Pare Kediri

Lokasi Wisata Waduk Siman Pare Kediri
Lokasi Wisata Waduk Siman Pare Kediri

Waduk Siman memiliki luas 50.000 meter persegi. Bila hendak mengunjunginya, bisa datang ke desa Siman Kecamatan Kepung Jawa Timur. Jaraknya sekitar 35 Km dari pusat kabupaten Kediri.

Biaya Masuk Wisata Waduk Siman Pare Kediri

Biaya Masuk Wisata Waduk Siman Pare Kediri
Biaya Masuk Wisata Waduk Siman Pare Kediri

Jangan khawatir boncos. Menikmati keindahan Waduk Siman Kediri tidak menuntut biaya. Alias gratis, tak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk memasuki area wisata. 

Aktivitas Menarik yang Bisa dilakukan di Wisata Waduk Siman Pare Kediri

Aktivitas Menarik yang Bisa dilakukan di Wisata Waduk Siman Pare Kediri
Aktivitas Menarik yang Bisa dilakukan di Wisata Waduk Siman Pare Kediri

Ternyata bila berada di Waduk Siman Pare Kediri, Kawanjo tak hanya bisa duduk-duduk santai. Bila ingin pengalaman lebih, ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Diantaranya adalah:

  1. Berolahraga

Datang ke Waduk Siman memang cocok saat pagi hari. Alih-alih duduk santai, Kawanjo bisa memilih menggerakkan badan lebih aktif dengan berjalan atau berlari atau bersepeda di sekeliling danau. Hawa yang masih sejuk dan teduh akan menjadi pasokan oksigen yang baik untuk tubuh. Apalagi dengan pemandangan yang elok, membuat semangat berolahraga semakin memuncak.

  1. Menikmati Sunset dan Sunrise
Menikmati Sunset dan Sunrise Wisata Waduk Siman Pare Kediri
Menikmati Sunset dan Sunrise Wisata Waduk Siman Pare Kediri

Sebelah timur Waduk Siman terdapat barisan bukit sedangkan untuk di sebelah barat terdapat persawahan dan perumahan. Pemandangan indah terpampang nyata saat matahari terbit ataupun tenggelam. Menikmati  fenomena alam sunrise dan sunset di Waduk Siman Pare Kediri sangatlah mengesankan. 

Apalagi jika beruntung, ada sekawanan burung yang beratraksi di langit di atas waduk. Tinggal mengarahkan pandangan sesuai waktu Kawanjo datang, dimana matahari sedang muncul saat pagi di sebelah timur. Atau ke arah perbukitan di sebelah barat ketika senja datang, kala matahari akan pulang. Tak lupa siapkan dokumentasi untuk menghasilkan foto kece saat wisata Waduk Siman Pare Kediri.

Baca Juga : Green Gumuk Candi Banyuwangi, Bikin Wajah Nampak Muda dan Berseri-seri 

  1. Memancing

Banyak penggemar memancing yang berjajar di pinggir waduk. Mereka sama-sama sedang menjajal peruntungan untuk mendapatkan ikan air tawar yang hidup di dalam waduk. Ikan yang bisa didapat seperti udang, nila, lele, tuntung. 

Sekali lagi, keindahan dan kesejukan sekitar waduk membuat nyaman untuk beraktivitas melempar dan menunggu kail disambar ikan.

  1. Kulineran

Keberadaan wisata Waduk Siman Kediri Jawa Timur yang semakin ramai membuat roda perekonomian rakyat berputar pesat. Banyak warung dan kios yang berdiri di sekitar wilayah waduk ini. Kawanjo bisa dengan mudah membeli makanan serta minuman untuk menemani aktivitas menarik berwisata di Waduk Siman. Ada beragam kuliner khas Kediri yang bisa dinikmati sambil menikmati pemandangan. Seperti pecel tumpang dengan rempeyek renyah. Atau tahu kuning Kediri yang khas rasanya. 

  1. Menonton upacara Melasti

Umat Hindu di Kediri selalu melakukan upacara Melasti di Waduk Siman. Upacara ini diadakan sebelum hari raya Nyepi, dengan tujuan membersihkan atau mensucikan peralatan dan sarana yang digunakan dalam beribadah. Pensucian ini harus menggunakan Tirta Amerta atau air suci yang ada di Waduk Siman.

Perayaan Melasti juga sekalian memberi kehormatan pada mendiang Pendeta Hindu Bagawanta Bhari yang telah berjasa membangun waduk ini. Acara yang diadakan setiap tahun ini selalu bisa mendatangkan pengunjung lebih banyak. Bahkan masyarakat dari luar kota Kediri. Sebab menonton tradisi keagamaan menjadi hal yang menarik dan sakral.

Baca Juga : Wisata Perahu Kalimas Surabaya, Bersantai Menikmati Panorama Kota

Kediri ternyata memiliki alam yang menakjubkan. Destinasi wisata Waduk Siman Pare Kediri memang memiliki daya tarik yang kuat. Sehingga semakin hari semakin banyak orang yang berkunjung ke sini. Ternyata banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan, agar liburan jadi pengalaman yang mengesankan. Maka, tak salah bila menjadikan Waduk Siman sebagai tujuan healing saat berada di kota tahu ini!

0 comments on “Wisata Waduk Siman Pare Kediri dan 5 Aktivitas Serunya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.